LAILATUL FITRIA, 12205183313 (2023) PENGARUH MEDIA GAMBAR TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI SDI TERPADU AL ASROR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (621kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (217kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (307kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (310kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (256kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (133kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (11kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (150kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta bahwa pada pembelajaran Bahasa arab di sekolah, guru masih menggunakan metode pemebelajaran konvensional yang cenderung membosankan sehingga berdampak pada kurangnya motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran serta rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Arab, yang disebabkan oleh pembelajaran hanya terjadi satu arah yang hanya berfokus pada guru (teacher centered). Berdasarkan hal tersebut, dibutuhkan inovasi dalam pemakaian media pembelajaran sehingga dapat membantun guru dalam pemakaian media pembelajaran dalam menyampaikan materi pelajaran, dan membamtu siswa menjadu lebih mudah dalam menerima pelajaran. Salah satunya menggunakan media gambar yang diharapkan siswa mampu termotivasi dalam pembelajaran serta mencapai hasil belajar di atas rata-rata. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk menguji pengaruh media gambar terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran bahasa arab di SDIT Al Asror Kedungwaru Tulungagung, (2) untuk menguji pengaruh media terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa arab di SDIT Al Asror Kedungwaru Tulungagung, dan (3) untuk menguji pengaruh media gambar terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa arab di SDIT Al Asror Kedungwaru Tulungagung. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pedekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas III di SDIT Al Asror Kedungwaru Tulungagung dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas IIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas IIIB sebagai kelas kontrol. Instrument penelitian yaitu menggunakan tes, observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji T dan Anova 2 jalur, yang sebelumnya di uji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh media gambar terhadap motivasi pada mata pelajaran Bahasa Arab di SDIT Al Asror Kedungwaru Tulungagung. Berdasarkan hasil perhitungan menggunkan uji t, diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,043, dimana lebih kecil 0,05. Maka Ha di terima. (2) Ada pengaruh media gambar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Arab di SDIT Al Asror Kedungwaru Tulungagung. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan uji t, diperoleh nilai sig. (2tailed) sebesar 0,00 dimana lebih kecil dari 0,05. Maka Ha diterima. (3) Ada pengaruh media gambar terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab di SDIT Al Asror Kedungwaru Tulungagung. Berdasarkan hasil perhitungan uji manova, diperoleh harga F Pillai's Trace, Wilks' Lambda, Hotelling's Trace, Roy's Largest Root pada kolom kelas memiliki nilai Sig. 0,025 > 0,05, yang artinya harga F Pillai's Trace, Wilks' Lambda, Hotelling's Trace, Roy's Largest Root semuanya signifikan dan Ha diterima.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205183313 LAILATUL FITRIA |
Date Deposited: | 18 Aug 2023 09:26 |
Last Modified: | 18 Aug 2023 09:26 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38892 |
Actions (login required)
View Item |