VOCABULARY RHYTHMIC REPETITION FOR THE TENTH-GRADE STUDENTS OF MA AL-ANWAR PLOSO PACITAN

NUR MASYITOH WIRDA HIDAYAH, 12203193051 (2023) VOCABULARY RHYTHMIC REPETITION FOR THE TENTH-GRADE STUDENTS OF MA AL-ANWAR PLOSO PACITAN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Hidayah, Nur Masyitoh Wirda (12203193051). 2023. Vocabulary Rhythmic Repetition for the Tenth-Grade Students of MA Al-Anwar Ploso Pacitan. Skripsi Jurusan Tadris Bahasa Inggris, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Dr. Susanto, S.S., M.Pd. Kata Kunci: Kosakata, Pengulangan Ritmik Penelitian ini meneliti praktik pengajaran kosa kata di kalangan siswa kelas sepuluh di MA Al-Anwar Ploso Pacitan, sebuah sekolah berbasis pesantren yang berlokasi di Ploso Pacitan. Mengajar bahasa Inggris di sekolah ini cukup menantang karena berfokus pada pengajaran bahasa Arab dan siswa tidak cukup termotivasi untuk belajar bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti strategi pengajaran kosakata yang digunakan oleh guru MA Al-Anwar dan pengaruhnya terhadap kemampuan siswa untuk memahami, mengingat dan menggunakan kosakata yang dipelajari. Selain itu, penelitian ini menyelidiki bagaimana strategi ini dapat membantu meningkatkan keterampilan bahasa siswa. Fokus penelitian ini adalah (1) Pengulangan berirama kosakata seperti apa yang digunakan untuk kelas 10 MA Al-Anwar Ploso Pacitan (2) Bagaimana siswa mendapatkan dampak dari pengulangan berirama kosakata yang digunakan oleh guru dalam mengajarkan kosakata. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengulangan berirama kosakata yang digunakan untuk siswa kelas 10 di MA Al-Anwar Ploso, Pacitan (2) Untuk mengetahui bagaimana pengulangan berirama kosakata yang digunakan oleh guru dalam mengajarkan kosakata dapat membantu siswa untuk memahami kata-kata dan bagaimana siswa dapat mengambil dampak dari strategi ini. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan desainnya adalah deskriptif desain. Penelitian ini dilakukan di MA Al-Anwar Ploso Pacitan. Data untuk penelitian ini dikumpulkan melalui observasi kelas dan wawancara dengan guru dan siswa. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya menggunakan teknik analisis deskriptif. Sumber data untuk penelitian ini adalah guru vocabulary yaitu OPPM (Organisasi Pelajar Pondok Modern), guru bahasa Inggris, dan juga siswa. Triangulasi dalam data yang diperoleh dari wawancara dengan guru dan siswa akan diperiksa melalui observasi dan pencatatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di MA Al-Anwar menggunakan strategi yang efektif seperti mendengarkan dan berbicara serta menggunakan lagu sebagai alat pembelajaran kosa kata. Strategi-strategi ini meningkatkan pemahaman, penggunaan, dan retensi kosa kata siswa. Kehadiran guru yang masih berstatus siswa (OPPM) menciptakan suasana belajar yang mendukung. Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi yang diterapkan berdampak positif pada keterlibatan siswa dan penguasaan kosa kata. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya mengembangkan metode pengajaran kosa kata yang inovatif dan menarik untuk meningkatkan motivasi dan ingatan siswa. Namun, penting untuk dicatat bahwa penelitian ini dilakukan di satu sekolah tertentu dan penelitian lebih lanjut direkomendasikan untuk memverifikasi keefektifan strategi ini di tempat lain dan untuk menguji dampaknya terhadap keterampilan bahasa lainnya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: S1 12203193051 NUR MASYITOH WIRDA HIDAYAH
Date Deposited: 17 Aug 2023 11:50
Last Modified: 17 Aug 2023 11:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38895

Actions (login required)

View Item View Item