KARINA NURQUMAROH, 12204193171 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN EDPUZZLE TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR POLINOMIAL SISWA KELAS XI SMAN 1 GONDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (825kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (531kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (288kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (275kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (494kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (481kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (457kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (301kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (91kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (238kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom berbantuan Edpuzzle Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Polinomial Siswa Kelas XI SMAN 1 Gondang Tulungagung” ditulis oleh Karina Nurqumaroh, NIM 12204193171, pembimbing Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Model Pembelajaran Flipped Classroom, Edpuzzle, Motivasi, Hasil Belajar Mata pelajaran matematika terdapat dalam semua jenjang pendidikan karena matematika adalah ilmu universal yang berperan penting dalam banyak disiplin ilmu. Pentingnya belajar matematika nyatanya tidak berbanding lurus dengan motivasi siswa untuk belajar matematika. Hal ini terlihat pada saat observasi siswa di SMAN 1 Gondang. Pada saat pembelajaran, sebagian besar jam pelajaran digunakan guru untuk menjelaskan materi sehingga membuat siswa tidak cukup waktu untuk mendiskusikan permasalahan matematika di kelas. Hal ini membuat hasil belajar siswa juga kurang optimal. Penerapan model pembelajaran flipped classroom berbantuan edpuzzle diharapkan mampu memberikan solusi atas kurangnya motivasi dan hasil belajar siswa tersebut. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran flipped classroom berbantuan edpuzzle terhadap motivasi belajar polinomial siswa kelas XI SMAN 1 Gondang Tulungagung (2) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran flipped classroom berbantuan edpuzzle terhadap hasil belajar polinomial siswa kelas XI SMAN 1 Gondang Tulungagung (3) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran flipped classroom berbantuan edpuzzle terhadap motivasi dan hasil belajar polinomial siswa kelas XI SMAN 1 Gondang Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berjenis quasi experiment dengan desain penelitian posttest only non-equivalent control group design. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model pembelajaran flipped classroom berbantuan edpuzzle sedangkan variabel terikatnya adalah motivasi dan hasil belajar siswa. Pada penelitian ini, sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah kelas XI MIPA 3 yang berjumlah 31 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 4 yang berjumlah 35 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan posttest hasil belajar siswa dan angket motivasi belajar siswa. Kemudian data dianalisis menggunakan uji t sampel independent dan uji MANOVA dengan bantuan IBM SPSS 24.00. Hasil penelitian menyimpulkan (1) ada pengaruh model pembelajaran flipped classroom berbantuan edpuzzle terhadap motivasi belajar polinomial siswa kelas XI SMAN 1 Gondang Tulungagung (2) ada pengaruh model pembelajaran flipped classroom berbantuan edpuzzle terhadap hasil belajar polinomial siswa kelas XI SMAN 1 Gondang Tulungagung (3) ada pengaruh model pembelajaran flipped classroom berbantuan edpuzzle terhadap motivasi dan hasil belajar polinomial siswa kelas XI SMAN 1 Gondang Tulungagung
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Matematika > Masalah Matermatika Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 1313030080 OK PRINT |
Date Deposited: | 16 Aug 2023 06:44 |
Last Modified: | 16 Aug 2023 06:44 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38908 |
Actions (login required)
View Item |