PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS III SDI SUNAN GIRI WONOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/ 2016

FINA AZIZAH, 2817123066 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS III SDI SUNAN GIRI WONOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/ 2016. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover Skripsi 1.pdf

Download (907kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (971kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (161kB) | Preview
[img] Text
dAFTAR rUJUKAN.pdf

Download (172kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take And Give Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Peserta Didik Kelas III SDI Sunan Giri Wonorejo Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016” ini ditulis oleh Fina Azizah, NIM 2817123066, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Madrasah Ibtida’iyah, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Ibu Dr. Eni Setyowati S.Pd. M.M. Kata Kunci: take and give, motivasi, prestasi, belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi pembelajaran IPA di sekolah yang masih cenderung menggunakan model pembelajaran konvensional, motivasi dan prestasi belajar peserta didik masih relatif rendah. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe take and give. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe take and give dalam proses belajar mengajar diharap dapat membantu pemahaman peserta didik dalam belajar IPA, sehingga motivasi dan prestasi belajar peserta didik dapat meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe take and give pada mata pelajaran IPA pokok bahasan Sumber Daya Alam dan Lingkungannya peserta didik kelas III SDI Sunan Giri Wonorejo Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016? (2) Bagaimana peningkatan motivasi, dan prestasi belajar IPA pokok bahasan Sumber Daya Alam Dan Lingkungan dengan diterapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take And Give Peserta Didik Kelas III SDI Sunan Giri Wonorejo Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016? Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendiskripsikan penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take And Give pada mata pelajaran IPA pokok bahasan Sumber Daya Alam dan Lingkungannya Peserta Didik Kelas III SDI Sunan Giri Wonorejo Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016. (2) Menjelaskan peningkatan motivasi, dan prestasi belajar IPA melalui penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe And Give pokok bahasan Sumber Daya Alam Peserta Didik Kelas III SDI Sunan Giri Wonorejo Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaaan, observasi dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas III SDI Sunan Giri Wonorejo Sumbergempol Tulungagung. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, angket, observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai dengan nilai KKM 73. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe take and give dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar IPA. Hal ini dibuktikan dengan 1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe take and give dilaksanakan melalui 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 3 kegiatan tahapan pembelajaran yaitu tahap, awal, tahap inti, dan tahap akhir. 2) Adanya peningkatan motivasi belajar peserta didik dari sebelum diberikan tindakan yaitu 72,56 ke akhir tindakan siklus II yaitu sebesar 82,78, dan adanya peningkatan prestasi belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II yaitu nilai rata-rata hasil belajar pada tes akhir siklus I adalah 74,08 (69,56%) yang berada pada kriteria cukup baik, sedangkan pada tes akhir siklus II adalah 87,04 (91,30%) dan pada kriteria sangat baik. Hal ini menunjukkan peningkatan sebesar 12,96. Dari data tersebut terlihat bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe take and give dapat meningkatkan motavasi dan prestasi belajar IPA peserta didik kelas III SDI Sunan Giri Wonorejo Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817123066 FINA AZIZAH
Date Deposited: 28 Sep 2016 06:22
Last Modified: 28 Sep 2016 06:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3893

Actions (login required)

View Item View Item