ROSANTI DIVI HARDIKA, 12405193261 (2023) STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING USAHA KECIL DAN MENENGAH PADA USAHA GULA TEBU HARIYADI DESA KARANGTALUN KECAMATAN KRAS KABUPATEN KEDIRI. [ Skripsi ]
Text
COVER .pdf Download (2MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (199kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (122kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (471kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (434kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (357kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (330kB) |
||
Text
BAB V .pdf Restricted to Registered users only Download (380kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (124kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (308kB) |
Abstract
Skripsi dengan Judul “Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha Kecil dan Menengah Pada Gula Tebu Hariyadi Desa Karangtalun, Kecamatan Kras, Kabupaten Kediri” ditulis oleh Rosanti Divi Hardika, NIM 1405193261, yang dibimbing oleh Syamsul Umam, S.H.I, M.H. Konteks penelitian pada skripsi ini adalah dengan banyaknya bahan baku yang melimpah maka melahirkan industri – industri kecil yang berdiri. Banyaknya industri ini mengakibatkan persaingan semakin ketat. Untuk menghadapi persaingan sebuah perusahaan harus menerapkan strategi pemasaran. Strategi pemasaran harus disusun secara tepat guna meningkatkan keunggulan kompetitif dan mampu untuk mengantisipasi para pesaing. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui penerapan strategi pemasaran Pabrik Gula Tebu Hariyadi dalam meningkatkan daya saing UMKM, (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan strategi pemasaran Pabrik Gula Tebu Hariyadidalam meningkatkan daya saing UMKM, (3) untuk mengetahui efektifitas penerapan strategi pemasaran Pabrik Gula Tebu Hariyadi dalam meningkatkan daya saing UMKM. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa data primer dan data sekunder yang bersifat kualitatif serta berasal dari sumber internal dan eksternal perusahaan. Data primer diperoleh langsung dari pihak manajemen atau pemilik usaha gula merah melalui wawancara, dan pengamatan secara langsung (observasi). Data sekunder diperoleh melalui literature atau studi pustaka yang mendukung penelitian. Data tersebut bersumber dari situs-situs internet, buku teks manajemen, perpustakaan dan data-data dari beberapa instansi terkaitlainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) strategi pemasaran yang digunakan Pabrik Gula Tebu Hariyadi dalam meningkatkan daya saing UMKM yaitu dengan melakukan segmentasi pasar, target pasar, posisi pasar, serta bauran pemasaran 4P yang meliputi strategi product, strategi price, strategi place, dan strategi promotion. Untuk bauran pemasaran dalam aspek produk usaha gula tebu Hariyadi dengan mutu kualitas produk, varian produk dan gaya desain produk. Sedangkan aspek price harga ditetapkan karena pesaing harga gula tidak terlalu mahal atau masih melihat standart pasar. aspek place atau distribusi usaha gula tebu Hariyadi menggunkan pemasaran langsung dan melalui perantara, dan terakhir aspek promotion usaha gula tebu Hariyadi menggunakan personal selling, dan direct selling (2) terdapat faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi strategi pemasaran pada Pabrik Gula Tebu Hariyadi (3) strategi pemasaran yang dilakukan oleh Pabrik Gula Tebu Hariyadi sudah cukup efektif dilihat dari peningkatan jumlah penjualan dari tahun ke tahun. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Daya Saing, UMKM
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Bisnis Islam Ekonomi > Manajemen Syariah Ekonomi > Strategi Pemasaran Ekonomi > UMKM |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | 12405193261 ROSANTI DIVI HARDIKA |
Date Deposited: | 18 Aug 2023 03:40 |
Last Modified: | 18 Aug 2023 03:40 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38969 |
Actions (login required)
View Item |