KREATIVITAS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI SPLDV BERDASARKAN SELF EFFICACY SISWA KELAS VIII MTsN 2 KOTA BLITAR

TSABBITA ADDINI, 12204193141 (2023) KREATIVITAS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI SPLDV BERDASARKAN SELF EFFICACY SISWA KELAS VIII MTsN 2 KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (670kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (523kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (733kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (515kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kreativitas Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Pada Materi SPLDV Berdasarkan Self Efficacy Siswa Kelas VIII MTsN 2 Kota Blitar” ini ditulis oleh Tsabbita Addini, NIM. 12204193141, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, pembimbing Dr. Syaiful Hadi, M.Pd. Kata kunci: Kreativitas, Memecahkan Masalah, SPLDV, Self Efficacy Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa dalam kegiatan pembelajaran matematika di kelas VIII MTsN 2 Kota Blitar masih kurang kreatif dalam memecahkan masalah matematika, hal ini terbukti saat siswa diberikan suatu masalah, siswa tidak mampu mengerjakan masalah tersebut bahkan diantaranya menyerah sebelum berusaha menyelesaikan. Proses pembelajaran juga masih terpaku pada peran aktif guru dan hanya menggunakan rumus-rumus yang ada tanpa mencari solusi lain. Selain itu, tingkat self efficacy siswa masih cukup rendah, sehingga ketika siswa mendapatkan masalah matematika maka siswa akan memilih bertanya atau mencontek penyelesaian kepada temannya. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan kreativitas siswa dengan self efficacy tinggi dalam memecahkan masalah pada materi SPLDV kelas VIII di MTsN 2 Kota Blitar, (2) untuk mendeskripsikan kreativitas siswa dengan self efficacy sedang dalam memecahkan masalah pada materi SPLDV kelas VIII di MTsN 2 Kota Blitar, (3) untuk mendeskripsikan kreativitas siswa dengan self efficacy rendah dalam memecahkan masalah pada materi SPLDV kelas VIII di MTsN 2 Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian adalah MTsN 2 Kota Blitar. Subjek penelitian ini adalah 2 siswa dengan self efficacy tinggi, 2 siswa dengan self efficacy sedang, dan 2 siswa dengan self efficacy rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, angket, dan wawancara. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan, triangulasi, dan diskusi dengan teman sejawat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) kreativitas siswa dengan self efficacy tinggi dalam memecahkan masalah materi SPLDV mampu mencapai kreativitas tingkat 3 (kreatif) dengan indikator yang dipenuhi yaitu kefasihan dan fleksibilitas, atau kefasihan dan kebaruan. 2) kreativitas siswa dengan self efficacy sedang dalam memecahkan masalah materi SPLDV terdapat variasi yaitu terdapat siswa yang mampu mencapai kreativitas tingkat 2 (cukup kreatif) dengan indikator yang dipenuhi yaitu fleksibilitas dan terdapat siswa yang mampu mencapai kreativitas tingkat 1 (kurang kreatif) dengan indikator yang dipenuhi yaitu kefasihan. 3) kreativitas siswa dengan self efficacy rendah dalam memecahkan masalah materi SPLDV terdapat variasi yaitu terdapat siswa yang mampu mencapai kreativitas tingkat 1 (kurang kreatif) dengan indikator yang dipenuhi adalah kefasihan dan terdapat siswa yang mencapai kreativitas tingkat 0 (tidak kreatif) dimana tidak ada indikator yang terpenuhi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Linear
Matematika
Matematika > Masalah Matermatika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan
Matematika > Variabel
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204193141 Tsabbita Addini
Date Deposited: 28 Aug 2023 10:30
Last Modified: 28 Aug 2023 10:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38993

Actions (login required)

View Item View Item