EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI KUBUS DAN BALOK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KEDUNGWARU TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015-2016

Wildannul Aziz, 2814123155 (2016) EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI KUBUS DAN BALOK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KEDUNGWARU TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015-2016. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
0. cover.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. bagian awal.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. bab i.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. bab ii.pdf

Download (662kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. bab iii.pdf

Download (549kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. bab iv.pdf

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. bab v.pdf

Download (389kB) | Preview
[img] Text
7. bab vi.pdf

Download (108kB)
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (97kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Aziz. Wildannul. Nim, 2814123155. 2016. Efektifitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Kubus dan Balok Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung Tahun Ajaran 2015-2016. Skripsi, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung,pembimbing: Maryono, M.Pd. Kata kunci: efektivitas, kooperatif, group investigation, hasil belajar Pembelajaran matematika di SMP Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung masih cenderung pasif. Hal itu dikarenakan pembelajaran masih terpusat pada guru, dengan kata lain guru aktif menyampaikan materi sedangkan siswa pasif mendengarkan dan menulis materi. Guru menyampaikan materi dengan memberikan contoh soal kemudian menyuruh siswa untuk mengerjakan soal. Hal tersebut terus menerus dilaksanakan berulang-ulang dalam setiap pertemuan sehingga membuat siswa menjadi jenuh yang akan berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Menyikapi permasalahan tersebut penelitian ini dilakakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan Metode kooperatif tipe group investigation. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah pembelajaran kooperatif bertipe group investigation efektif terhadap hasil belajar matematika materi kubus dan balok siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung tahun ajaran 2015-2016?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektif tidaknya pembelajaran kooperatif bertipe group investigation terhadap hasil belajar matematika materi kubus dan balok siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung tahun ajaran 2015-2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa dua kelas VIII di SMP Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung yaitu VIII-F dan VIII-H, dimana kelas VIII-F sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 27 siswa dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe group invstigation dan kelas VIII-H sebagai kelas kontrol dengan jumlah 30 siswa dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional. Pengambilan data dilakukan dengan metode pos tes untuk mengetahui hasil belajar siswa. Data tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan uji ”t” tes. Setelah data dianalisis dengan menggunakan penghitngan manual maupun spss,akhirnya didapatkan tℎ

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: S1 2814123155 Wildannul Aziz
Date Deposited: 13 Feb 2017 02:03
Last Modified: 13 Feb 2017 02:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3903

Actions (login required)

View Item View Item