NILNA HADYA MAULIDA, 12405193204 (2023) STRATEGI PELAYANAN DAN PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN (Studi Kasus di Toko Hadya Jaya Desa Kunir Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar). [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (163kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (231kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (300kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (317kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (207kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (93kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (221kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Pelayanan dan Penerapan Etika Bisnis Islam dalam Meningkatakan Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus di Toko Hadya Jaya Desa Kunir Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar)” ditulis oleh Nilna Hadya Maulida, NIM 12405193204, Jurusan Manajemen Bisnis Syariah, dengan pembimbing Dra. Hj. Umy Zahroh, M.Kes., Ph.D. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya persaingan dalam sektor bisnis ritel sandang/fashion yang membuat pebisnis pada sektor ini harus bersaing dengan ketat. Pada masa sekarang dimana pendapat pelangan dapat dipublikasikan secara bebas di media sosial membuat pelaku usaha harus berhati-hati dan serius terhadap kritik dan saran dari pelanggan. dalam hal ini strategi pelayanan dan penerapan etika bisnis islam dalam melayani pelanggan dibutuhkan oleh pelaku usaha untuk meningkatkan kepuasan berbelanja bagi pelanggan. dengan hal tersebut, peneliti memilih Toko Hadya Jaya sebagai objek penelitian, Toko Hadya Jaya merupakan salah satu toko ritel sandang yang berada di Desa Kunir yang merupakan jalan pedesaan, pada Toko Hadya Jaya ini menempatkan kepuasan pelanggan sebagai salah satu tujuan utama dari menjalankan bisnisnnya. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi pelayanan Toko Hadya Jaya untuk Meningkatkan Pelanggan ? (2) Bagaimana Penerpan Etika Bisnis Islam pada Toko Hadya Jaya untuk Meningkatkan Kepuasan Pelanggan ? dan (3) Bagaimana kepuasan pelanggan di Toko Hadya Jaya ?. Serta tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui strategi Toko Hadya Jaya, penerapan etika binis dan kepuasan pelanggan pada Toko Hadya Jaya. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dalam studi kasus ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan studi documenter, data yang sudah didapat lalu dianalisis dengan reduksi data untuk selanjutnya disajikan dan ditarik kesimpulan, melakukan pengecekan data dengan memperpanjang pengamatan serta triagulasi data. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa (1) Dalam pelayanan Toko Hadya Jaya memiliki strategi dalam pelayanan pada aspek fisik, reliabilitas, interaksi personal, pemecahan masalah dan juga kebijakan yag dibuat demi kepuasan pelanggan. (2) Etika Bisnis Islam diterapkan denan baik dengan menerapkan prinsip kesatuan dalam menjalankan bisnis, adilm memberikan kebebasan kepada pelanggan, bertanggung jawab serta melayani dengan jujur dan baik. (3) kepuasan pelanggan kurang dirasakan pada aspek fisik dan kebijakan pada Toko Hadya Jaya. Pada bagian layout yang perlu diperbarui, penataan parkir serta penambahan kursi tunggu. Meskipun dengan begitu pelanggan masih cukup puas dan mau untuk berbelanja kembali serta merekomendasikan toko kepada orang lain. Kata Kunci : Pelayanan, Etika Bisnis Islam, Kepuasan Pelanggan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Bisnis Islam Ekonomi > Etika Bisnis Ekonomi > Konsumen |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | 12405193204 Nilna Hadya Maulida |
Date Deposited: | 01 Oct 2023 04:23 |
Last Modified: | 01 Oct 2023 04:23 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39033 |
Actions (login required)
View Item |