STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI MIN 11 BLITAR

QOTRUNNADA WIDYARTIE PUSPA SALSABILA, 12205193148 (2023) STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI MIN 11 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (268kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (379kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (725kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (244kB) | Preview

Abstract

Penelitian Skripsi ini dengan judul “Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Di MIN 11 Blitar” ini ditulis oleh Qotrunnada Widyartie Puspa Salsabila, NIM 12205193148, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung Kata Kunci : Identifikasi guru, Kesulitan belajar, Strategi Mengatasi Kesulitan Belajar bahasa Inggris Berdasarkan fenomena yang terjadi akhir-akhri ini, dimana keadaan siswa yang mengalami kesulitan belajar bahasa Inggris sering kali tidak disadari oleh guru. Dimana kesulitan belajar merupakan suatu keadaan yang sangat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Kesulitan belajar dalam bahasa Inggris masih banyak yang ditemukan SD/MI baik di kelas bawah maupu atas, begitupun di MIN 11 Blitar. Adanya kesulitan-kesulitan belajar yang dialami siswa tersebut menuntut guru untuk memperhatikan kenyataan ini dengan sungguh-sungguh. Untuk itu seorang guru harus menggunakan beberapa strategi pembelajaran dalam kegiatan belajar guna mengefektifkan proses pembelajaran di kelas agar siswa mengikuti pembelajaran dengan baik. Tujuan pada penelitian ini sebagai berikut: 1) Untuk mendeskripsikan cara guru mengidentifikasi kesulitan belajar pada mata pelajaran bahasa Inggris. 2) untuk mendeskripsikan kesulitan dan faktor kesulitan belajar yang dialami siswa dalam mata pelajaran bahasa Inggris. 3) untuk mendeskripsikan strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penlitian studi kasus. Lokasi penelitian di MIN 11 Blitar. Data digali berdasarkan dua sumber yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan pengamatan (observasi), wawancara, serta dokumentasi. Analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamatan, triangulasi, serta pemeriksaan sejawat. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Cara guru mengidentifikasi kesulitan belajar pada bahasa Inggris melalui identifikasi proses pembelajaran meliputi pemberian tugas, pengamatan oleh guru, serta menandai siswa. Gejala-gejala proses pembelajaran meliputi ketidakfokusan siswa, lambat dalam mengerjakan atau menyelesaikan tugas, perilaku siswa selama pembelajaran, dan kesulitan menerima materi. Serta indentifikasi hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai yang didapat siswa. 2) Bentuk kesulitan yang dialami siswa berasal dari diri sendiri meliputi kurangnya minat belajar dan kurang berkonsentrasi. Dan kesulitan Akademik meliputi membaca, menulis, megartikan dan menghapal. Dengan faktor penyebab kesulitan yang datang dari diri sendiri seperti kurang minat belajar dan perilaku siswa ketika pembelajaran. Dan faktor dari luar diri siswa seperti keluarga dan sekolah. 3) Strategi guru mengatasi kesulitan belajar bahasa Inggris yaitu dengan memberikan perlakuan khusus, menggunakan metode dan media yang menarik, memberikan perbaikan (remidial), memberikan latihan, serta memberikan motivasi dan semangan belajar kepada siswa terutama yang mengalami kesulitan belajar bahasa Inggris.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193148 QOTRUNNADA WIDYARTIE PUSPA SALSABILA
Date Deposited: 21 Aug 2023 12:24
Last Modified: 21 Aug 2023 12:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39045

Actions (login required)

View Item View Item