PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATERI ALJABAR DI KELAS VII MTsN 4 BLITAR

NAFIS AZIZATUL ROHMAH, 12204193022 (2023) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATERI ALJABAR DI KELAS VII MTsN 4 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (621kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (254kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (142kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (187kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (152kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Perbedaan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik yang diajar Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dengan Tipe Think Pair Share (TPS) pada Materi Aljabar di Kelas VII MTsN 4 Blitar” ini ditulis oleh Nafis Azizatul Rohmah, NIM. 12204193022, pembimbing Miswanto, M. Pd. Kata Kunci : Numbered Head Together, Think Pair Share, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kondisi dimana hasil belajar matematika peserta didik yang kurang maksimal. Kurang maksimalnya hasil pembelajaran disebabkan karena peserta didik sulit memahami materi serta kurangnya partisipasi peserta didik dalam proses pembelajaran. Sehingga diperlukan model pembelajaran yang melibatkan peserta didik lebih aktif agar hasil belajar peserta didik meningkat. Seperti model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan Think Pair Share (TPS), dimana kedua model ini menggunakan proses diskusi kelompok sehingga peserta didik lebih aktif dalam proses pembelajaran. Dalam hal ini peneliti ingin mengetahui apa perbedaan hasil belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model kooperatif tipe NHT dan TPS pada materi aljabar di kelas VII MTsN 4 Blitar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) pengaruh model Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika peserta didik pada materi aljabar di kelas VII MTsN 4 Blitar (2) pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar matematika peserta didik pada materi aljabar di kelas VII MTsN 4 Blitar, (3) perbedaan hasil belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dengan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada materi aljabar di kelas VII MTsN 4 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan bentuk quasi experiment. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VII MTsN 4 Blitar, sedangkan sampel yang digunakan adalah kelas VII D sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VII E sebagai kelas eksperimen 2. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Teknik simple random sampling. Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis data uji hipotesis menggunakan uji t paired sample test dan independent sample test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) ada pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika peserta didik pada materi aljabar di kelas VII MTsN 4 Blitar. (2) ada pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar matematika peserta didik pada materi aljabar di kelas VII MTsN 4 Blitar (3) ada perbedaan hasil belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dengan Think Pair Share (TPS) pada materi aljabar di kelas VII MTsN 4 Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: S1 12204193022 Nafis Azizatul Rohmah NIM : 12204193022
Date Deposited: 28 Aug 2023 03:51
Last Modified: 28 Aug 2023 03:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39055

Actions (login required)

View Item View Item