PENGARUH GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR TEKS DRAMA KELAS VIII MTSN 2 KOTA BLITAR

NOVA AULIATUL AZIZAH, 12210193063 (2023) PENGARUH GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR TEKS DRAMA KELAS VIII MTSN 2 KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (924kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (368kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (530kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (663kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (732kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (381kB) | Preview

Abstract

Azizah, Nova Auliatul. 2023. Pengaruh Gaya Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Teks Drama Kelas VIII MTsN 2 Kota Blitar. Skripsi, Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Titik Dwi Ramthi Hakim, M.Pd. Kata kunci: Gaya Belajar, Hasil Belajar, Teks Drama Siswa memiliki berbagai gaya belajar yang mereka gunakan dalam pembelajar. Gaya belajar tersebut, yaitu gaya belajar visual, gaya belajar auditorial, dan gaya belajar kinestetik. Apabila guru dapat mengidentifikasi dengan baik gaya belajar setiap siswa. Guru dapat mengembangkan metode pengajaran yang beragam sesuai dengan gaya belajar tersebut, penting untuk mengetahui preferensi siswa terhadap metode dan materi pembelajaran. Guru juga dapat mengembangkan strategi pengajaran yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan individu siswa sehingga pembelajaran dapat dilaksanakan dengan efisien. Dengan demikian, guru dapat meningkatkan kesiapan siswa dalam belajar dengan menyesuaikan instruksi sesuai dengan kebutuhan siswa yang memiliki gaya belajar yang berbeda. Menyesuaikan metode pengajaran dengan gaya belajar siswa, diharapkan siswa dapat lebih memahami materi dan mencapai hasil belajar yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap hasil Belajar teks drama kelas VIII MTsN 2 Kota Blitar. Metode yang digunakan yaitu deskripsi kuantitatif korelasi. Penelitian ini dilaksanakan di MTsN 2 Kota Blitar. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII, sedangkan sampel penelitian ini adalah 90 siswa dari kelas VIII A 30 siswa, VIII B 30 siswa, dan VIII C 30 siswa. Penyebaran kuesioner dan dokumentasi digunakan sebagai teknik pengumpulan data penelitian. Uji regresi linier berganda dilakukan untuk analisis data dengan bantuan menggunakan SPSS for windows versi 25. Hasil penelitian ini adalah (1) terdapat pengaruh signifikan gaya belajar visual terhadap hasil Belajar teks drama kelas VIII MTsN 2 Kota Blitar, dengan nilai sig. 0,002 < 0,05. (2) terdapat pengaruh signifikan gaya belajar auditorial terhadap hasil Belajar teks drama kelas VIII MTsN 2 Kota Blitar. Hasil uji dengan nilai sig. 0,000 < 0,05. (3) terdapat pengaruh signifikan gaya belajar kinestetik terhadap hasil Belajar teks drama kelas VIII MTsN 2 Kota Blitar. Hasil uji dengan nilai sig. 0,000 < 0,05. (4) terdapat pengaruh signifikan gaya belajar siswa terhadap hasil Belajar teks drama kelas VIII MTsN 2 Kota Blitar. Hasil uji regresi linier berganda dengan nilai sig. 0,000 < 0,05 pengaruh gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik terhadap hasil Belajar drama kelas VIII MTsN 2 Kota Blitar sebesar 25,9% dan didominasi gaya belajar kinestetik sebesar 23%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: S1 12210193063 Nova Auliatul Azizah
Date Deposited: 21 Aug 2023 08:24
Last Modified: 21 Aug 2023 08:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39057

Actions (login required)

View Item View Item