IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA MELALUI PROJECT BASED LEARNING DI TK DHARMA WANITA TUMPAKKEPUH

DEA LAIFATUL NI’MA, 12206193007 (2023) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA MELALUI PROJECT BASED LEARNING DI TK DHARMA WANITA TUMPAKKEPUH. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (945kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (839kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (492kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (598kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (631kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (675kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (489kB)

Abstract

Dea Laifatul Ni’ma, 12206193007, 2023, Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Melalui Project Based Learning di TK Dharma Wanita Tumpakkepuh. Skripsi, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Errifa Susilo, M.Pd. Kata Kunci: Kurikulum Merdeka Belajar, Project Based Learning TK Dharma Wanita Tumpakkepuh merupakan salah satu sekolah penggerak yang menerapkan Kurikulum Merdeka berbasis Pembelajaran Proyek yang telah berjalan dengan baik dan optimal. Fokus penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Melalui Project Based Learning di TK Dharma Wanita Tumpakkepuh. Tujuan penelitian ini pertama untuk mendeskripsikan perencanaan, Kedua untuk mendeskripsikan proses, Ketiga untuk mendeskripsikan Assesmen perkembangan anak dalam kegiatan Pembelajaran Proyek di TK Dharma Wanita Tumpakkepuh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Sumber data person: kepala sekolah, guru kelas kelompok B dan wali murid, place: bangunan, fasilitas, aktivitas, dan kegiatan pembelajaran, paper: modul dan lembar Assesmen. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan pengamat, triangulasi, membercheck. Hasil penelitian skripsi ini terbukti bahwa pertama perencanaan pembelajaran melalui beberapa tahap, yaitu : yaitu a) Tahap Kesiapan Sekolah, b) Identifikasi Tema, c) Penentuan Tema yang Spesifik Sesuai Keadaan Lingkungan Sekolah, d) Menentukan Alokasi Waktu, e) Membuat Modul Proyek, f) Membuat Sub Elemen dan Assesmen. Kedua proses pembelajaran melalui beberapa tahap yaitu: a) Tahap Pengenalan, b) Tahap Perkembangan, c) Tahap Penyimpulan. Ketiga Assesmen Pembelajaran Proyek di TK Dharma Wanita Tumpakkepuh menggunakan Assesmen Autentik dan Formatif (Rapor).

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Kurikulum
Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 12206193007 DEA LAIFATUL NI'MA
Date Deposited: 21 Aug 2023 08:55
Last Modified: 21 Aug 2023 08:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39062

Actions (login required)

View Item View Item