KREATIVITAS GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR CALISTUNG SISWA KELAS 1 DI MIN 5 TULUNGAGUNG

AGNES PUSPA WARDANI, 12205193163 (2023) KREATIVITAS GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR CALISTUNG SISWA KELAS 1 DI MIN 5 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (641kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (539kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (559kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (416kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Kreativitas Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Calistung Siswa Kelas 1 di MIN 5 Tulungagung” ini ditulis oleh Agnes Puspa Wardani, NIM.12205193163, pembimbing Dr. Musrikah, S.Pd.I, M.Pd. Kata Kunci :Kreativitas guru, Membaca, Menulis, Berhitung Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena kreativitas guru berupa kemampuan untuk mengekspresikan dan mewujudkan potensi daya pikir untuk menghasilkan sesuatu yang baru dan unik atau kemampuan mengkombinasikan sesuatu yang sudah ada menjadi sesuatu lain agar lebih menarik. Membaca, menulis dan berhitung merupakan langkah awal dalam proses belajar yang wajib dimiliki setiap peserta didik. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana kreativitas guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca siswa kelas 1 di MIN 5 Tulungagung ? (2) Bagaimana kreativitas guru yang dalam mengatasi kesulitan belajar menulis siswa kelas 1 di MIN 5 Tulungagung ? (3) Bagaimana kreativitas guru dalam mengatasi kesulitan belajar berhitung siswa kelas 1 di MIN 5 Tulungagung ?. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang berjenis deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data menggunakan data primer. Teknik analisis data menggunakan reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan temuan menggunakan keikutsertaan dan ketekunan pengamatan, triangulasi (triangulasi sumber dan triangulasi waktu), dan pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian : (1) kreativitas guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca melalui menyajikan materi dengan tebak kata, susun kata dan membaca cerita, memberikan jam tambahan secara personal dan menyusun materi dimulai dari huruf abjad dan huruf konsonan. (2) kreativitas guru dalam kesulitan belajar menulis melalui menyajikan materi melalui kosa kata dan kuis, memberikan waktu tambahan belajar secara personal. Untuk menyusun materi berupa menyalin, dikte, dan menulis cerita. (3) kreativitas guru dalam kesulitan belajar berhitung melalui menyajikan materi melalui benda nyata seperti stik eskrim, kelereng dan sempoa, memberikan waktu tambahan belajar secara personal, menyusun materi berupa teknik berhitung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193163 AGNES PUSPA WARDANI
Date Deposited: 23 Aug 2023 04:19
Last Modified: 23 Aug 2023 04:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39141

Actions (login required)

View Item View Item