AGNES PUSPA WARDANI, 12205193163 (2023) KREATIVITAS GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR CALISTUNG SISWA KELAS 1 DI MIN 5 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (641kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (474kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (339kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (539kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (559kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (355kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (385kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (445kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (304kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (416kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Kreativitas Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Calistung Siswa Kelas 1 di MIN 5 Tulungagung” ini ditulis oleh Agnes Puspa Wardani, NIM.12205193163, pembimbing Dr. Musrikah, S.Pd.I, M.Pd. Kata Kunci :Kreativitas guru, Membaca, Menulis, Berhitung Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena kreativitas guru berupa kemampuan untuk mengekspresikan dan mewujudkan potensi daya pikir untuk menghasilkan sesuatu yang baru dan unik atau kemampuan mengkombinasikan sesuatu yang sudah ada menjadi sesuatu lain agar lebih menarik. Membaca, menulis dan berhitung merupakan langkah awal dalam proses belajar yang wajib dimiliki setiap peserta didik. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana kreativitas guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca siswa kelas 1 di MIN 5 Tulungagung ? (2) Bagaimana kreativitas guru yang dalam mengatasi kesulitan belajar menulis siswa kelas 1 di MIN 5 Tulungagung ? (3) Bagaimana kreativitas guru dalam mengatasi kesulitan belajar berhitung siswa kelas 1 di MIN 5 Tulungagung ?. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang berjenis deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data menggunakan data primer. Teknik analisis data menggunakan reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan temuan menggunakan keikutsertaan dan ketekunan pengamatan, triangulasi (triangulasi sumber dan triangulasi waktu), dan pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian : (1) kreativitas guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca melalui menyajikan materi dengan tebak kata, susun kata dan membaca cerita, memberikan jam tambahan secara personal dan menyusun materi dimulai dari huruf abjad dan huruf konsonan. (2) kreativitas guru dalam kesulitan belajar menulis melalui menyajikan materi melalui kosa kata dan kuis, memberikan waktu tambahan belajar secara personal. Untuk menyusun materi berupa menyalin, dikte, dan menulis cerita. (3) kreativitas guru dalam kesulitan belajar berhitung melalui menyajikan materi melalui benda nyata seperti stik eskrim, kelereng dan sempoa, memberikan waktu tambahan belajar secara personal, menyusun materi berupa teknik berhitung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205193163 AGNES PUSPA WARDANI |
Date Deposited: | 23 Aug 2023 04:19 |
Last Modified: | 23 Aug 2023 04:19 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39141 |
Actions (login required)
View Item |