ROSIDA ASHIROTUN NI’MA, 12205193162 (2023) PENGARUH PENGGUNAAN DESAIN METODE BERBASIS TPACK TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA di MI AL-HUDA REJOWINANGUN KABUPATEN TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (454kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (247kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (345kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (640kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (523kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (790kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (298kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (254kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (398kB) | Preview |
Abstract
Rosida Ashirotun Ni’ma, NIM 12205193162, “Pengaruh Penggunaan Desain Metode Berbasis TPACK terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di MI Al-Huda Rejowinangun Kabupaten Trenggalek Tahun Ajaran 2022/2023”, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Hafidz Rosyidiana, M.Pd. Kata Kunci: Desain Metode TPACK, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar siswa dalam mata pelajaran bahasa indonesia dapat mempengaruhi tingkat keberhasilan dari tujuan pembelajaran yaitu hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia dan rasa antusiasme pada pembelajaran yang kurang terlihat sehingga motivasi belajar siswa masih sangat kurang. Oleh karena itu diperlukan pemilihan metode pembelajaran yang sesuai dengan materi yang diajarkan, salah satu metode yang dapat diterapkan materi materi cerita fiksi yaitu TPACK. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh desain metode TPACK terhadap motivasi belajar mata pelajaran bahasa indonesia di MI Al-Huda Rejowinangun (2) untuk mengetahui pengaruh desain metode TPACK terhadap hasil belajar mata pelajaran bahasa indonesia di MI Al-Huda Rejowinangun (3) untuk mengetahui pengaruh desain metode TPACK terhadap motivasi dan hasil belajar mata pelajaran bahasa indonesia di MI Al-Huda Rejowinangun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan desain yang digunakan yaitu eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V MI Al-Huda Rejowinangun dengan sampel kelas V A sebagai kelas eksperimen dan kelas V B sebagai kelas kontrol pengambilan sampel menggunakan purposiv sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, dan dokumentasi. Pada penelitian ini analisis data dilakukan dengan uji t-test dan uji manova menggunakan bantuan SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)terdapat pengaruh yang signifikan pada desain metode TPACK terhadap motivasi belajar mata pelajaran bahasa indonesia di MI Al-Huda Rejowinangun, berdasarkan uji t-test untuk motivasi belajar diperoleh nilai sig. sebesar 0,004 yang berarti 0,004<0,05 maka hipotesis alternatif (Ha) diterima (2)terdapat penagaruh yang signifikan desain metode TPACK terhadap hasil belajar mata pelajaran bahasa indonesia di MI Al-Huda Rejowinangun, berdasarkan uji t-test untuk hasil belajar diperoleh nilai sig. sebesar 0,003 yang berarti 0,003<0,05 maka hipotesis alternatif (Ha) diterima (3)terdapat pengaruh sama yang signifikan pada desain metode TPACK terhadap motivasi dan hasil belajar mata pelajaran bahasa indonesia di MI Al-Huda Rejowinangun, berdasarkan uji manova untuk motivasi dan hasil belajar diperoleh nilai sig. sebesar 0,004 yang berarti 0,004<0,05 maka hipotesis alternatif (Ha) diterima.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205193162 ROSIDA ASHIROTUN NI’MA |
Date Deposited: | 23 Aug 2023 04:25 |
Last Modified: | 23 Aug 2023 04:25 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39143 |
Actions (login required)
View Item |