STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTS BUSTANUL ULUM MINGGIRSARI KANIGORO BLITAR

PRISKA AYUK FADILA, 12201193058 (2023) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTS BUSTANUL ULUM MINGGIRSARI KANIGORO BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (679kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (100kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (76kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Di MTS Bustanul Ulum Minggirsari Kanigoro Blitar” ini ditulis oleh Priska Ayuk Fadila, NIM. 12201193058, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Hasanal Khuluqi, S.Ud.,M.Ag. Kata Kunci : Karakter, Strategi Guru Penelitian ini dilatar belakangi oleh rapuhnya karakter di lingkungan bangku pendidikan, dampak globalisasi yang semakin berkembang membawa masyarakat indonesia melupakan pendidikan karakter bangsa. Oleh karena itu dalam prosesnya pendidik dituntut harus mempunyai strategi-strategi dan kreatifitas-kreatifitas yang mampu untuk mempermudah jalannya pembentukan karakter peserta didik yang nantinya menjadi lebih baik lagi. Oleh sebab itu adanya strategi sangat penting dalam proses pembentukan karakter peserta didik agar prosesnya berjalan dengan baik. Untuk mengetahui hal tersebut peneliti merumuskan fokus penelitian adalah (1) Bagaimana strategi guru akidah akhlak dalam membentuk karakter religius padapeserta didik kelas VII di MTs Bustanul Ulum Minggirsari Kanigoro Blitar? (2) Bagaimana strategi guru akidah akhlak dalam membentuk karakter disiplin pada peserta didik kelas VII di MTs Bustanul Ulum Minggirsari Kanigoro Blitar? (3) bagaimana strategi guru akidah akhlak dalam membentuk karakter tanggung jawab pada peserta didik kelas VII di MTs Bustanul Ulum Minggirsari Kanigoro Blitar? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian di Madrasah Tsanawiyah Bustanul Ulum Minggirsari Kanigoro Blitar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara reduksi, dipaparkan ditarik kesimpulan. Kemudian hasil penelitian skripsi ini adalah (1) strategi guru akidah akhlak untuk membentuk karakter religius melalui menerapkan yang sudah menjadi kebiasaan di madrasah sepeti sebelum dan sesudah kegiatan belajar mengajar berdoa terlebih dahulu, ketika memasuki waktu shalatdhuzhur peserta didik melaksanakan sholat secara berjamaah dan juga peserta didik diberikan pemahaman mengenai dasar bersuci atau thaharah. (2) strategi guru akidah akhlak untuk membentuk karakter disiplin pembiasaan dan pemberian hukuman di madrasah, misalnya ketika datang di madrasah harus memakai baju yang sesuai dengan aturan di madrasah, peserta didik harus datang tepat waktu, sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung ketika tiba di madrasah melaksanakan piket terlebih dahulu, dan bertindak sopan santun kepada bapak maupun ibu guru di madrasah. Memberka hukuman jika ada yang melanggar aturan. (3) Strategi Guru akidah akhlak dalam membentuk karakter tanggung jawab dengan apabila peserta didik nantinya ketika berbuat sesuatu maka sikap dan perilakunya juga harus dipertanggung jawabkan, misalnya peserta didik diberikan tugas oleh guru maka segera dikerjakan, membawabuku sesuai dengan mata pelajaran jam itu juga dan harus menjaga sikap dan perilaku yang nantinya jika peserta didik tidak melaksanakan atau melanggar makaakan mendapat sanksi dari hasil perbuatanya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201193249 Risma Imro'atus Sholihah
Date Deposited: 24 Aug 2023 08:34
Last Modified: 24 Aug 2023 08:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39193

Actions (login required)

View Item View Item