PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN AKHLAKUL KARIMAH PADA PESERTA DIDIK DI MTsN 8 TULUNGAGUNG

KAMELYA SARI ASMAN PUTRI, 12201193335 (2023) PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN AKHLAKUL KARIMAH PADA PESERTA DIDIK DI MTsN 8 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (710kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (177kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (56kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (176kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (639kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (162kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Peran Guru Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Akhlakul Karimah pada Peserta Didik di MTsN 8 Tulungagung” ini ditulis oleh Kamelya Sari Asman Putri, NIM. 12201193335, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatulloh Tulungagung, Pembimbing Muhammad Sulthon Aziz, Lc., M.H. Kata Kunci: Peran Guru, Akhlakul Karimah Penelitian ini dilatar belakangi oleh semakin merosotnya moral generasi muda seiring dengan perkembangan zaman. Dalam Lembaga pendidik masih banyak peserta didik yang kurang baik dalam hal akhlakul karimahnya, baik dari segi bertutur kata dan bertingkah laku. Sehingga guru akidah akhlak berperan sangat penting dalam meningkatkan akhlakul karimah pada peserta didik agar peserta didik menerapkan perilaku terpuji terhadap siapapun. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana peran Guru Akidah Akhlak sebagai pendidik dalam meningkatkan akhlakul karimah pada peserta didik di MTsN 8 Tulungagung? (2) Bagaimana peran Guru Akidah Akhlak sebagai pembimbing dalam meningkatkan akhlakul karimah pada peserta didik di MTsN 8 Tulungagung? (3) Bagaimana peran Guru Akidah Akhlak sebagai model dan teladan dalam meningkatkan akhlakul karimah pada peserta didik di MTsN 8 Tulungagung? Metode penelitian ini adalah jenis kualitatif deskriptif. Dimana dalam mengumpulkan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1)Peran guru akidah akhlak sebagai pendidik selain mengajar di dalam kelas yaitu mengevaluasi peserta didik, membimbing, memberikan pembinaan, bantuan dan dorongan, memberikan muatan akhlakul karimah pada seluruh kegiatan ekstrakurikuler, mendidik peserta didik untuk menjaga kebersihan, mendisiplinkan peserta didik pada sholat dhuhur berjamaah serta memberikan hukuman yang mendidik. (2)Peran guru akidah akhlak sebagai pembimbing yaitu memberikan bimbingan kepada peserta didik meliputi memberikan teguran dan peringatan, mendampingi, mengajak, serta memberi contoh kebaikan dalam berbagai kegiatan madrasah seperti sholat duhur berjamaah, yasinan, dan kultum. Serta menjalin Kerjasama dengan pihak luar madrasah. (3)Peran guru akidah akhlak sebagai model dan teladan yaitu dapat digugu dan ditiru dari segi berpakaian, bertutur kata, dan bertingkah laku.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201193335 Kamelya Sari Asman Putri
Date Deposited: 29 Aug 2023 14:17
Last Modified: 29 Aug 2023 14:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39195

Actions (login required)

View Item View Item