KAMELYA SARI ASMAN PUTRI, 12201193335 (2023) PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN AKHLAKUL KARIMAH PADA PESERTA DIDIK DI MTsN 8 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (710kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (177kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (56kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (176kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (574kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (162kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (639kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (200kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (88kB) |
||
Text
daftar pustaka.pdf Download (162kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Peran Guru Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Akhlakul Karimah pada Peserta Didik di MTsN 8 Tulungagung” ini ditulis oleh Kamelya Sari Asman Putri, NIM. 12201193335, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatulloh Tulungagung, Pembimbing Muhammad Sulthon Aziz, Lc., M.H. Kata Kunci: Peran Guru, Akhlakul Karimah Penelitian ini dilatar belakangi oleh semakin merosotnya moral generasi muda seiring dengan perkembangan zaman. Dalam Lembaga pendidik masih banyak peserta didik yang kurang baik dalam hal akhlakul karimahnya, baik dari segi bertutur kata dan bertingkah laku. Sehingga guru akidah akhlak berperan sangat penting dalam meningkatkan akhlakul karimah pada peserta didik agar peserta didik menerapkan perilaku terpuji terhadap siapapun. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana peran Guru Akidah Akhlak sebagai pendidik dalam meningkatkan akhlakul karimah pada peserta didik di MTsN 8 Tulungagung? (2) Bagaimana peran Guru Akidah Akhlak sebagai pembimbing dalam meningkatkan akhlakul karimah pada peserta didik di MTsN 8 Tulungagung? (3) Bagaimana peran Guru Akidah Akhlak sebagai model dan teladan dalam meningkatkan akhlakul karimah pada peserta didik di MTsN 8 Tulungagung? Metode penelitian ini adalah jenis kualitatif deskriptif. Dimana dalam mengumpulkan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1)Peran guru akidah akhlak sebagai pendidik selain mengajar di dalam kelas yaitu mengevaluasi peserta didik, membimbing, memberikan pembinaan, bantuan dan dorongan, memberikan muatan akhlakul karimah pada seluruh kegiatan ekstrakurikuler, mendidik peserta didik untuk menjaga kebersihan, mendisiplinkan peserta didik pada sholat dhuhur berjamaah serta memberikan hukuman yang mendidik. (2)Peran guru akidah akhlak sebagai pembimbing yaitu memberikan bimbingan kepada peserta didik meliputi memberikan teguran dan peringatan, mendampingi, mengajak, serta memberi contoh kebaikan dalam berbagai kegiatan madrasah seperti sholat duhur berjamaah, yasinan, dan kultum. Serta menjalin Kerjasama dengan pihak luar madrasah. (3)Peran guru akidah akhlak sebagai model dan teladan yaitu dapat digugu dan ditiru dari segi berpakaian, bertutur kata, dan bertingkah laku.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201193335 Kamelya Sari Asman Putri |
Date Deposited: | 29 Aug 2023 14:17 |
Last Modified: | 29 Aug 2023 14:17 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39195 |
Actions (login required)
View Item |