ABIL ADERENA, 12211193014 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG DI MTs AL-MA'ARIF TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (504kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (212kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (107kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (287kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (343kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (329kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (371kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (195kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (109kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (102kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII Pada Materi Getaran dan Gelombang di MTs Al-Ma’arif Tulungagung” ini ditulis oleh Abil Aderena, NIM. 12211193014, Jurusan Tadris Fisika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dengan dosen pembimbing Dr. Desyana Olenka Margaretta, M.Si. Kata Kunci: Model Pembelajaran Probing Prompting, Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar, Getaran, Gelombang Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran Fisika masih berpusat pada guru (teacher center) dan siswa hanya mendengarkan, hal ini mengakibatkan tidak adanya interaksi antara guru dengan siswa. Selain itu, saat pembelajaran berakhir siswa tidak dapat menyimpulkan pembelajaran sehingga yang menyimpulkan adalah guru. Siswa lebih difokuskan dalam penghafalan rumus, bukan pemahaman konsep dan penerapan dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran seperti ini menyebabkan siswa kurang mengembangkan kemampuan berpikir kritisnya. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran probing prompting terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII pada materi getaran dan gelombang di MTs Al-Ma’arif Tulungagung. Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran probing prompting terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VIII pada materi getaran dan gelombang di MTs Al-Ma’arif Tulungagung. Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran probing prompting terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar fisika siswa kelas VIII pada materi getaran dan gelombang di MTs Al-Ma’arif Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yang dipilih adalah quasi experiment dan desain penelitiannya adalah pretest posttest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Al-Ma’arif Tulungagung dan sampel penelitiannya adalah kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-C sebagai kelas kontrol. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji instrumen dengan uji validitas dan reliabilitas, uji persyaratan penelitian menggunakan normalitas dan homogenitas, dan uji hipotesis yang menggunakan uji independent sample t-test dan MANOVA. Hasil dari penelitian ini terdapat pengaruh model pembelajaran probing prompting terhadap kemampuan berpikir kritis dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0.002. Terdapat pengaruh model pembelajaran probing prompting terhadap hasil belajar fisika dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0.000. Terdapat pengaruh model pembelajaran probing prompting terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar fisika dengan nilai signifikansi sebesar 0.000. Jadi kesimpulan dari penelitian ini adalah “Terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII Pada Materi Getaran dan Gelombang di MTs Al-Ma’arif Tulungagung”.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Fisika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika |
Depositing User: | PENGARUH M 12211193014 ABIL ADERENA |
Date Deposited: | 23 Aug 2023 11:09 |
Last Modified: | 23 Aug 2023 11:09 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39199 |
Actions (login required)
View Item |