STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN (Studi Pada Konveksi Salma Collection Tulungagung)

INKA SRININDRIA FEBRIANI, 12402193030 (2023) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN (Studi Pada Konveksi Salma Collection Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (597kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (218kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (194kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (289kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (199kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Pengembangan Usaha Dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Pada Konveksi Salma Collection Tulungagung)” ini ditulis oleh Inka Srinindria Febriani, NIM. 12402193030, pembimbing Dr. Qomarul Huda, M. Ag. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pengembagan usaha yang diwujudkan melalui sebuah usaha konveksi. Konveksi merupakan sebuah usaha skala kecil menawarkan produk berupa pakaian jadi yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Sebuah usaha yang maju tidak akan berkembang dengan baik tanpa adanya sebuah strategi bisnis. Strategi tersebut dapat berupa sebuah pengembangan usaha yang baik dalam meningkatkan penjualan. Maka dari itu penelitian ini mengangkat permasalahan, yaitu:1) Bagaimana pencarian ide Konveksi Salma dalam meningkatkan penjualan? 2) Bagaimana penyaringan ide Konveksi Salma dalam meningkatkan penjualan? 3) Bagaimana pengujian dan pengembangan konsep Konveksi Salma dalam meningkatkan penjualan? 4) Bagaimana pengembangan strategi pemasaran Konveksi Salma dalam meningkatkan penjualan? 5) Bagaimana analisis usaha Konveksi Salma dalam meningkatkan penjualan? 6) Bagaimana pengembangan produk Konveksi Salma dalam meningkatkan penjualan? 7) Bagaimana pengujian pasar Konveksi Salma dalam meningkatkan penjualan? 8) Bagaimana komersialisasi Konveksi Salma dalam meningkatkan penjualan? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data diperoleh dari hasil wawancara dengan informan, buku, jurnal, dan sumber bacaan lainnya. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan kondensasi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah sebagaimana berikut: 1) Pencarian ide Konveksi Salma untuk meningkatkan penjualan berasal dari ide murni pemilik. 2) Penyaringan ide Konveksi Salma memilih pengembangan produk baju muslim. 3) Pengujian dan pengembangan konsep Konveksi Salma dilakukan dengan menawarkan konsep produk kepada pelanggan, orang terdekat, dan beberapa toko. 4) Pengembangan pemasaran Konveksi Salma mengalami perluasan, didukung adanya desain model produk baru, ukuran serta warna, serta memperhatikan peluang jangka pendek dan jangka panjang. 5) Analisis usaha Konveksi dilakukan dengan melakukan proyeksi penjualan sebesar 50 pcs baju diawal dan memperhitungkan dengan betul biaya pembelian bahan baku dan produksi. 6) Pengembangan produk Konveksi Salma dilakukan dengan memfokuskan pembuatan desain model baju muslim yang disesuaikan dengan trend serta cara untuk mempertahankan produknya. 7) Pengujian pasar Konveksi Salma termasuk ke dalam pengujian barang konsumen ters kendali, dimana pemilik konveksi melakukan pengujian terhadap orang terdekat, pelanggan, dan beberapa toko. 8) Komersialisasi Konveksi Salma dilakukan dengan memproduksi jumlah yang terbatas diawal dan memproduksi dalam jumlah banyak menyesuaikan permintaan pasar, belum menggunakan teknologi dan mengandalkan promosi mulut ke mulut. Kata kunci: Strategi pengembangan konveksi, dan volume penjualan

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Ekonomi > UMKM
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: S1 12402193030 INKA SRININDRIA FEBRIANI
Date Deposited: 24 Aug 2023 07:22
Last Modified: 24 Aug 2023 07:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39204

Actions (login required)

View Item View Item