PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN POWTOON DALAM MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN PADA SISWA KELAS VIII SMPN 2 KADEMANGAN

ARIF RAHMAN ALWAN, 12209193014 (2023) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN POWTOON DALAM MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN PADA SISWA KELAS VIII SMPN 2 KADEMANGAN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (337kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (249kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengembangan Video Pembelajaran Powtoon Dalam Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pengetahuan Pada Siswa Kelas VIII SMPN 2 Kademangan” yang ditulis oleh Arif Rahman Alwan, NIM. 12209193014, Pembimbing Nur Isroatul Khusna, M.Pd Kata Kunci: Pengembangan, Video pembelajaran powtoon, Hasil belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi siswa dalam pembelajaran kurang tertarik terhadap media pendidik. Siswa merasa bosan, kurang termotivasi karena media hanya konvensional, berpacu buku paket dan modul saja sehingga menjadikan minat belajar siswa rendah dan menjadikan pengetahuan siswa turun. Video pembelajaran powtoon merupakan pembelajaran modern menampilkan visual-audio. Video pembelajaran ini menampilkan animasi kartun. Adanya keluhan siswa dalam pembelajaran, media video pembelajaran powtoon menarik dijadikan pengembangan media. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pembelajaran, mengetahui kebutuhan siswa, mengetahui langkah-langkah pengembangan media, mengetahui kevalidan pengembangan media, dan mengetahui pengaruh media terhadap pengetahuan siswa. Peneliti menggunakan pengembangan (RnD) pendekatan ADDIE: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Teknik pengumpulan data dilakukan angket atau kuesioner, tes, wawancara, observasi dan analisis data. Penelitian dilakukan di SMPN 2 Kademangan. Subjek penelitian kelas VIII-D (kontrol) dan kelas VIII-E (eksperimen). Analisis data dilakukan kuantitatif dan kualitatif. Hasil validasi ahli media, ahli materi, dan guru IPS terhadap media powtoon menunjukkan layak digunakan dengan sedikit revisi dan memperoleh pengaruh hasil belajar. Ditunjukkan nilai Sig (2-tailed)= 0,003, Hasil tersebut kurang dari nilai siginifikan 0,05 maka H1 diterima, dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas VIII-D (kontrol) dan kelas VIII-E (eksperimen) dengan nilai rata-rata posttest kelas VIII-D 82,68% sedangkan nilai rata-rata posttest kelas VIII-E 93,28%. Selisih 10,6%, media powtoon efektif digunakan untuk pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 12209193014 Arif Rahman Alwan
Date Deposited: 29 Aug 2023 13:08
Last Modified: 29 Aug 2023 13:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39213

Actions (login required)

View Item View Item