STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI RELIGIUS SISWA DI SMPN 2 NGANTRU TULUNGAGUNG

AHMAD ULUL ALBAB, 2811123045 (2016) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI RELIGIUS SISWA DI SMPN 2 NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (769kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV TEMUAN PENELITIAN.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V PEMBAHASAN.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI PENUTUP.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (101kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai-Nilai Religius Siswa Di SMPN 2 Ngantru Tulungagung” ini ditulis oleh Ahmad Ulul Albab, NIM. 2811123045, pembimbing Dr. Muhammad Jazeri, M.Pd. Kata Kunci: Strategi, Guru, Nilai-Nilai Religius Penelitian ini dilatar belakangi oleh penanaman nilai-nilai religius kepada siswa yang masih menemui hambatan. Diantaranya pengaruh globalisasi yang semakin rentan akan pengaruh negatif media elektronik, semakin bebasnya pergaulan, kontrol orang tua yang kurang, serta timbulnya perpecahan dalam keluarga mejadikan latar belakang anak yang berbeda-beda, serta pengetahuan agama yang berbeda maka menjadi pengaruh dalam mengamalkan pengetahuannya ke dalam perilaku religius. Oleh sebab itu pendidikan dalam keluarga (orang tua) dan sekolah sangat perlu untuk mengembangkan fitrah beragama anak dalam mewujudkan perilaku religius yang sesuai dengan norma-norma agama Islam. Disamping itu guru sebagai orang tua kedua berperan penting dalam penanaman nilai-nilai religius sebagai bekal hidup. Keteladanan dari seorang guru sangat diperlukan dengan membiasakan siswa untuk berperi laku perilaku religius yang sesuai dengan norma-norma agama Islam. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Apa saja nilai-nilai religius yang ditanamkan pada siswa di SMPN 2 Ngantru Tulungagung? (2) Bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam‎ dalam menanamkan nilai-nilai religius melalui pembiasaan siswa di SMPN 2 Ngantru Tulungagung? (3) Bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam‎ dalam menanamkan nilai-nilai religius melalui keteladanan siswa di SMPN 2 Ngantru Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan nilai-nilai religius yang ditanamkan pada siswa di SMPN 2 Ngantru Tulungagung. (2) Untuk mendiskripsikan strategi guru pendidikan agama Islam‎ dalam menanamkan nilai-nilai religius melalui pebiasaan siswa di SMPN 2 Ngantru Tulungagung. (3) Untuk mendiskripsikan strategi guru pendidikan agama Islam‎ dalam menanamkan nilai-nilai religius melalui keteladanan siswa di SMPN 2 Ngantru Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif lokasi penelitiannya di SMPN 2 Ngantru Tulungagung, sumber datanya di dapat melalui tiga unsur yaitu person, place dan paper, metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis datanya menggunakan teknik analisis deskriptif, sedangkan pengecekan keabsahan datanya menggunakan perpanjangan keikutsertaan, triangulasi dan pengecekan teman sejawat. Hasil Penelitian ini adalah: (1) Nilai-nilai religius yang ditanamkan yaitu: saling berjabat tangan, berdo’a, membaca Juz ‘Amma, shalat dhuha, shalat dhuhur berjama’ah, berjabat tangan, menjaga kebersihan, 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan dan Santun), kejujuran, PHBI. (2) Strategi guru pendidikan agama Islam‎ dalam menanamkan nilai-nilai religius melalui pembiasaan siswa yaitu: Membiasakan berdo’a, membiasakan Shalat dhuha, membiasakan Shalat dhuhur berjama’ah, membiasakan 5S (senyum, sapa, salam, sopan dan santun), membiasakan jaga kebersihan, membiasakan disiplin, membiasakan jujur, Membiasakan berjabat tangan. (3) Strategi guru pendidikan agama Islam‎ dalam menanamkan nilai-nilai religius melalui keteladanan siswa yaitu: Mencontohkan berdo’a, mencontohkan Shalat dhuha, mencontohkan Shalat dhuhur berjama’ah, mencontohkan 5S (senyum, sapa, salam, sopan dan santun), mencontohkan jaga kebersihan, mencontohkan kedisiplinan, mencontohkan kejujuran, mencontohkan berjabat tangan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811123045 AHMAD ULUL ALBAB
Date Deposited: 05 Jan 2017 03:11
Last Modified: 05 Jan 2017 03:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3924

Actions (login required)

View Item View Item