MANAJEMEN STRATEGI PEMASARAN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MINAT MASYARAKAT (Studi Multisitus di MTs Negeri 3 dan MTs Negeri 4 Jombang)

AULIA HIDAYATUL JAMILAH, 12850121009 (2023) MANAJEMEN STRATEGI PEMASARAN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MINAT MASYARAKAT (Studi Multisitus di MTs Negeri 3 dan MTs Negeri 4 Jombang). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (907kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (757kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (229kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (643kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (683kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (596kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (461kB) | Preview

Abstract

Tesis dengan judul “Manajemen Strategi Pemasaran Pendidikan dalam Meningkatkan Minat Masyarakat (Studi Multisitus di MTsN 3 Jombang dan MTsN 4 Jombang)” ini ditulis oleh Aulia Hidayatul Jamilah dengan pembimbing Dr. Hj. Chusnul Chotimah, M.Ag dan Dr. Hj. Sulistyorini, M.Pd.I Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Pendidikan, Minat Masyarakat. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya persaingan antar lembaga pendidikan yang kian terasa dan berlangsung semakin ketat, kondisi demikian semestinya disikapi lembaga pendidikan dengan berbagai langkah antisipatif jika mereka menginginkan eksistensi dan pengembangan secara berkesinambungan. Oleh karena itu perlu adanya suatu strategi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan minat masyarakat terhadap suatu lembaga pendidikan. Fokus penelitian ini yaitu pelaksanaan strategi pemasaran pendidikan dalam meningkatkan minat masyarakat. Adapun pertanyaan penelitian sebagai berikut: (1) Bagaimana formulasi strategi pemasaran pendidikan dalam meningkatkan minat masyarakat di MTsN 3 Jombang dan MTsN 4 Jombang? (2) Bagaimana implementasi strategi pemasaran pendidikan dalam meningkatkan minat masyarakat di MTsN 3 Jombang dan MTsN 4 Jombang? (3) Bagaimana evaluasi strategi pemasaran pendidikan dalam meningkatkan minat masyarakat di MTsN 3 Jombang dan MTsN 4 Jombang? Tesis ini bermanfaat bagi penulis untuk menambah wawasan mengenai strategi pemasaran pendidikan dalam meningkatkan minat masyarakat bagi pengelola lembaga-lembaga pendidikan pada khususnya dan masyarakat pada umumnya serta memperkaya khasanah penelitian dikalangan para peneliti. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan fenomenologi dengan rancangan penelitian yakni studi multisitus. Data pada penelitian diperoleh melalui obsevasi partisipan, wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Analisis dan interpretasi data dilakukan dalam dua langkah yaitu analisis kasus individu meliputi kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, kedua analisis lintas situs. Pada pengujian keabsahan data peneliti menggunakan uji Credibility (validitas interval), Transferability (validitas eksternal), Dependability (reliabilitas), dan Confirmability (obyektivitas). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Formulasi yang dilakukan yaitu dengan menentukan analisis lingkungan internal dan ekternal, merumuskan visi dan misi, dan menetapkan strategi yang digunakan. (2) Implementasi dilakukan dengan selalu memberikan motivasi kepada bawahan, meningkatan mutu layanan madrasah, mengembangkan program-program madrasah, meningkatkan prestasi, serta memanfaatkan sistem informasi. (3) Evaluasi strategi dilakukan dengan membandingkan perencanaan dengan hasil setelah kegiatan, mengukur keberhasilan dengan membandingan tingkat ketercapaian target, melakukan tindakan perbaikan.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 1313030080 OK PRINT
Date Deposited: 29 Aug 2023 07:52
Last Modified: 29 Aug 2023 07:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39240

Actions (login required)

View Item View Item