PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP KELAS VIII

LUHMATUL KARDINNINGSIH, 12204193243 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP KELAS VIII. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (973kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Active Learning Tipe Everyone Is A Teacher Here Terhadap Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Kelas VIII” ini ditulis oleh Luhmatul Kardinningsih, NIM 12204193243, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Muniri, M.Pd. Kata Kunci : Active Learning, Everyone Is A Teacher Here, Pemahaman Konsep, Kemampuan Komunikasi Matematis, Statistika. Pembelajaran matematika dikelas yang masih cenderung didominasi oleh guru, dan belum melibatkan siswa secara aktif. Sehingga berdampak pada rendahnya pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi matematis siswa. Sehingga perlu adanya model pembelajara yang mampu untuk meningkatkan siswa lebih aktif. Untuk mengatasi hal tersebut diterapkannya model pembelajaran active learning tipe everyone is a teacher here, dengan harapan siswa untuk lebih memiliki dorongan dalam belajar dan menumbuhkan rasa ingin tahu yang tinggi untuk menyampaikan pendapatnya kepada teman-temanya sehingga dapat meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi matematis siswa yang optimal. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran active learning tipe everyone is a teacher here terhadap pemahaman konsep siswa SMP kelas VIII, (2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran active learning tipe everyone is a teacher here terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa SMP kelas VIII, dan (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran active learning tipe everyone is a teacher here terhadap pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP kelas VIII. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian adalah eksperimen semu (quasi eksperimen). Dalam pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan sampelnya adalah kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII F sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes untuk mengukur pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi matematis. Teknik anaisis data menggunakan uji T-test dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh model pembelajaran active learning tipe everyone is a teacher here terhadap pemahaman konsep siswa SMP kelas VIII, (2) Ada pengaruh model pembelajaran Active Learning Tipe Everyone Is A Teacher Here terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa SMP kelas VIII, (3) Ada pengaruh model pembelajaran active learning tipe everyone is a teacher here terhadap pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP kelas VIII.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Dwiyanti Reni
Date Deposited: 25 Aug 2023 02:02
Last Modified: 25 Aug 2023 02:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39258

Actions (login required)

View Item View Item