PENERAPAN METODE INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS III SDI MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG KEDUNGWARU TULUNGAGUNG

VEVI VERI ANI, 2817123170 (2016) PENERAPAN METODE INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS III SDI MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER DLL.pdf

Download (591kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (988kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DATAR RUJUKAN.pdf

Download (177kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Inquiry Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas III SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung” ini ditulis oleh Vevi Veri Ani, NIM. 2817123170, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan PGMI, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Ibu Dr. Eni Setyowati, S.Pd, MM. Kata Kunci: penerapan metode inquiry, hasil belajar IPA Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah kenyataan bahwa peserta didik kelas III SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung masih ada yang mengalami kesulitan dan cenderung pasif dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar di kelasnya dikarenakan pembelajaran yang dilakukan oleh guru yaitu ceramah tunggal sehingga pembelajaran berpusat pada guru dan membuat peserta didik merasa jenuh. Selain itu, beberapa peserta didik menganggap bahwa pelajaran IPA sangat sulit karena hanya mempelajari hal yang abstrak tanpa dikaitkan dengan dunia nyata. Dampak dari itu semua mengakibatkan hasil belajar peserta didik kelas III SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung relatif kurang memuaskan. Oleh sebab itu pada penelitian tindakan kelas ini mencoba untuk menolong demi mengatasi rendahnya hasil belajar peserta didik dengan menerapkan metode pembelajaran inquiry, khususnya pada mata pelajaran IPA. Metode inquiry mempunyai banyak kelebihan yang pada dasarnya dapat menanamkan konsep pengetahuan pada diri peserta didik secara langsung, sehingga jika metode tersebut diterapkan pada pembelajaran IPA yang relatif bersifat abstrak dapat dicerna oleh peserta didik dan tertanam kuat pada dirinya. Dengan penerapan metode pembelajaran inquiry diharapkan dapat mengatasi masalah yang ditemukan dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan metode pembelajaran inquiry pada mata pelajaran IPA materi gerak benda pada peserta didik kelas III SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung tahun ajaran 2015/2016?(2)Apakah dengan penerapan metode pembelajaran inquiry dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas III SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung pada mata pelajaran IPA materi gerak benda tahun ajaran 2015/2016? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan penerapan metode pembelajaran inquiry pada mata pelajaran IPA materi gerak bendapada peserta didik kelas III SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung tahun ajaran 2015-2016. (2) Untuk mengetahui pencapaian hasil belajar peserta didik dengan penerapan metode pembelajaran inquiry pada mata pelajaran IPA materi gerak bendapada peserta didik kelas III SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini bermanfaat bagi penulis untuk menambah wawasan, pola pikir, sikap dan pengalaman sebagai upaya peningkatan kualitas profesi sebagai seorang guru. Bagi SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka pembinaan dan peningkatan mutu pembelajaran baik bagi guru maupun bagi lembaga pendidikan. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dari Kemmis dan Mc. Taggart sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai KKM 75. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan hasil belajar dengan diterapkannya metode inquiry. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik yang dimulai dari pre test nilai rata-rata peserta didik hanya mencapai 69,74 dengan persentase ketuntasan belajar 42%, dilanjutkan siklus I nilai rata-rata peserta didik 79,47 dengan persentase ketuntasan 68%, dan pada siklus II nilai rata-rata peserta didikmeningkat menjadi 86,84 dengan persentase ketuntasan 89%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode inquiry dalam mata pelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas III SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwatu Tulungagung tahun ajaran 2015/2016.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817123170 VEVI VERI ANI
Date Deposited: 10 Oct 2016 07:02
Last Modified: 10 Oct 2016 07:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3928

Actions (login required)

View Item View Item