ANALISIS DAMPAK IBU BABY BLUES DALAM KEHARMONISAN RUMAH TANGGA PERSPEKTIF PSIKOLOGI KELUARGA DAN HUKUM ISLAM (Studi Kasus Di Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung)

SHINTA DWI NOVITASARI, 12102193038 (2023) ANALISIS DAMPAK IBU BABY BLUES DALAM KEHARMONISAN RUMAH TANGGA PERSPEKTIF PSIKOLOGI KELUARGA DAN HUKUM ISLAM (Studi Kasus Di Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (863kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (440kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (889kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (886kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Shinta Dwi Novitasari, 12102193038, Analisis Dampak Ibu Baby Blues Dalam Keharmonisan Rumah Tangga Perspektif Psikologi Keluarga dan Hukum Islam (Studi Kasus Di Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung), Sikripsi, Progam Studi Hukum Keluarga Islam, Jurusan Syariah, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung 2023, Pembimbing: Dr. H. Nur Efendi, M.Ag. Kata Kunci: Dampak Ibu Baby Blues, Keharmonisan Rumah Tangga, Psikologi Keluarga Islam, Hukum Islam Penelitian ini dilatarbelakangi dampak ibu baby blues dalam keharmonisan rumah tangga. Baby blues yaitu depresi ringan ibu pasca melahirkan akibat penyesuaian kelahiran bayi. Baby blues tidak boleh dianggap remeh, agar tidak menimbulkan dampak konflik dalam rumah tangga. Fenomena ini masih asing di kalangan masyarakat dan tanpa disadari banyak yang mengalami, terutama masyarakat Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung. Maka, penelitian ini dibuat bertujuan agar masyarakat mengetahui dampak ibu baby blues dalam keharmonisan rumah tangga. Rumusan masalah penelitian ini yaitu : (1) Bagaimana kondisi ibu yang mengalami baby blues? (2) Bagaimana dampak ibu baby blues dalam keharmonisan rumah tangga perspektif psikologi keluarga Islam? (3) Bagaimana dampak ibu baby blues dalam keharmonisan rumah tangga perspektif hukum Islam? Dalam metode penelitian ini menggunakan jenis pendekatan yaitu pendekatan kualitatif. Data penelitian diperoleh dari ibu-ibu muda yang pernah mengalami baby blues di Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung dengan batasan umur 19-30 tahun. Dalam pengumpulan data, penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dari lapangan, berupa hasil wawancara dan dokumentasi ke beberapa pihak narasumber terkait kondisi dan dampak yang ditimbulkan ibu baby blues dalam keharmonisan rumah tangganya. selanjutnya hasil data dianalisis dan disimpulkan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kondisi ibu baby blues mengalami perubahan emosi, mudah marah, tersinggung, sedih, teriak tidak jelas, merasa berjuang sendirian dan lain-lain. Faktornya hormon belum stabil, ekonomi, kurangnya peran dan dukungan suami serta lingkungan sosial. (2) Dampaknya kurangnya dukungan sosial, kurangnya kepuasan batin, komunikasi, keterbukaan dan kurangnya kewajiban suami dalam membantu istri merawat anaknya. (3) Dilihat dari hasil penelitian dari delapan responden, terdapat hubungan yang signifikan/relevan antara dampak ibu baby blues dengan keharmonisan rumah tangga. Terutama bagi suami yang istrinya mengalami baby blues harus menjalankan hak serta kewajiban masing-masing sebagai orang tua dengan seimbang sesuai ajaran Islam. orang tua dengan porsi seimbang sesuai dengan ajaran Islam.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Islam
Hukum > Hukum Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: 12102193038 SHINTA DWI NOVITASARI
Date Deposited: 28 Aug 2023 03:58
Last Modified: 28 Aug 2023 03:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39344

Actions (login required)

View Item View Item