DEA AFITA SARI, 12202193114 (2023) استخدامقاموسالنورفتعليم الصرف قواعد العلل للشيخ ممدأحسن البصيىبطريقة الفظفالدرسة الدينية بعهدأم اليتولونجأجونج. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (337kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (222kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (383kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (562kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (350kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (453kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (354kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (216kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (388kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Penggunaan Kamus Almunawir Dalam Pembelajaran Shorof Qowaid I’lal karya Syekh Muhammad Ahsan Albushoiri Dengan Menggunakan Metode Menghafal Di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Ummul Khoir” ditulis oleh Dea Afita Sari, NIM. 12202193114 Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK) UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2023, dibawah bimbingan Dr. Muhammad Afthon Ulin Nuha M.Pd. Kata Kunci: Kamus Almunawir, Shorof, Qowaid I’lal karya Syekh Muhammad Ahsan Al-Bushoiri dan Metode Hafalan Dalam proses kegiatan pembelajaran, perlu menggunakan metode pembelajaran yang tepat agar pembelajaran dapat berjalan dengan efektif dan memudahkan siswa dalam memahami materi yang diajarkan. Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti dalam pembelajaran shorof qowaid i’lal, banyak siswa tidak bisa menganalis kaidah suatu kalimat dalam kitab-kitab lain. Sehingga pemahaman siswa hanya pada contoh kalimat yang dicantumkan di dalam kitab yang dijadikan pedoman pembelajaran, karena kurangnya pemahaman tentang materi yang sudah diajarkan. Peneliti mencoba menggunakan metode ini sebagai upaya untuk memudahkan siswa dalam memahami materi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengukur efektifitas Penggunaan Kamus Almunawir Dalam Pembelajaran Shorof Qowaid I’lal karya Syekh Muhammad Ahsan Albushoiri Dengan Menggunakan Metode Menghafal Di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Ummul Khoir Rumusan masalah dalam penelitian adalah bagaimana pembelajaran shorof qowaid I’lal karya Syekh Muhammad Ahsan Albushoiri dengan menggunakan metode hafalan di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Ummul Khoir Tulungagung dan bagaimana efektivitas penggunakan kamus almunawwir dalam pembelajaran shorof qowaid I’lal karya Syekh Muhammad Ahsan Al-bushoiri dengan menggunakan metode hafalan di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Ummul Khoir Tulungagung. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen jenis Quasi Experimental yang terdiri atas dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes (pretest dan post-test), angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu: 1) penggunaan kamus Al-Munawir dalam pembelajaran Shorof Qowaid I’lal dengan menggunakan metode menghafal memudahkan siswa dalam memahami materi Dan hasil angket 93% dalam kategori “sempurna”. 2) penggunaan kamus Al-Munawir dalam pembelajaran Shorof Qowaid I’lal dengan menggunakan metode menghafal efektif, hal ini diketahui dari hasil tes siswa. Hasil t-hitung = 12.335,2. Hasil ini lebih besar dari t-tabel signifikan 1% = 2.46714 dan 5% = 1.70113. Oleh karena itu, Ha dapat diterima dan H0 ditolak dari hasil perhitungan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | 12202193114 DEA AFITA SARI |
Date Deposited: | 29 Aug 2023 13:12 |
Last Modified: | 29 Aug 2023 13:12 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39366 |
Actions (login required)
View Item |