PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI SISTEM PERNAPASAN DI KELAS VIII MTsN 2 KOTA BLITAR

TESSYA HENINDAR, 12208193105 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI SISTEM PERNAPASAN DI KELAS VIII MTsN 2 KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (564kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (268kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (586kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (236kB) | Preview

Abstract

Skripsi berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pernapasan di Kelas VIII MTsN 2 Kota Blitar” ini disusun oleh Tessya Henindar, Jurusan Tadris Biologi, NIM 12208193105, dibimbing oleh Husni Cahyadi Kurniawan, M.Si. Kata Kunci: Kooperatif tipe Two Stay Two Stray, Keaktifan, Hasil Belajar, Penelitian ini dilatar belakangi adanya suatu permasalahan yaitu penerapan model pembelajaran yang monoton sehingga berdampak pada suasanar pembelajaran di kelas yang membosankan. Kurangnya komunikasi dan interaksi aktif antara guru dan siswa akibat dari model pembelajaran konvensional tersebut membuat keaktifan siswa cenderung menurun. Hal ini terlihat dari sikap siswa di kelas yang ragu dan tidak percaya diri untuk bertanya maupun berpendapat. Tentu saja hasil belajar siswa menjadi kurang maksimal dan perlu diperbaiki. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk mendongkrak keaktifan dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajarn yang lebih kreatif dan inovatif. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui; (1) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray terhadap keaktifan siswa, (2) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray terhadap hasil belajar siswa, dan (3) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berjenis eksperimen semu dengan rancangan Nonequivalent control group. Populasi dalam penelitian meliputi semua siswa kelas VIII MTsN 2 Kota Blitar. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-C sebagai kelas eksperimen dan VIII-D sebagai kelas kontrol. Sampel dalam penelitian diambil dengan teknik nonprobability berjenis purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t (independent sample t-test) dan uji manova (multivariate analysis of variances) dengan bantuan aplikasi IBM SPSS 22.0 Hasil penelitian berdasarkan hipotesis yang telah dirumuskan adalah (1) Uji-t keaktifan belajar siswa diperoleh nilai Sig. 2-tailed 0,008 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima atau terdapat pengaruh pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray terhadap keaktifan siswa. (2) Uji-t hasil belajar siswa diperoleh nilai Sig. 2-tailed 0,000 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima atau terdapat pengaruh pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray terhadap hasil belajar siswa. (3) Hasil uji MANOVA diperoleh nilai Sig. 2-tailed 0,000 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima atau terdapat pengaruh pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa di kelas VIII MTsN 2 Kota Blitar

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi > Manusia
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 12208193105 TESSYA HENINDAR
Date Deposited: 28 Aug 2023 07:02
Last Modified: 28 Aug 2023 07:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39370

Actions (login required)

View Item View Item