PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII MTsN 4 NGANJUK

SITI FADHIA NASH SHUKHA MAWARTI, 12204193055 (2023) PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII MTsN 4 NGANJUK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (896kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (268kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (250kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aritmatika Sosial Kelas VII MTsN 4 Nganjuk” yang ditulis oleh Siti Fadhia Nash Shukha Mawarti, NIM. 12204193055, Jurusan Tadris Matematika, Dosen Pembimbing Dr. Maryono, M.Pd. Kata kunci : Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR), Kemampuan Berpikir Kritis, Aritmatika Sosial. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran masih berpusat pada guru dan pendekatan pembelajaran yang digunakan guru masih kurang efektif. Guru aktif memberikan materi sedangkan siswa hanya sebagai penerima saja. Hal tersebut menjadikan siswa kurang berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran yang berlangsung. Sehingga siswa banyak yang tidak memahami materi yang diberikan dan mengakibatkan rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa adalah dengan menerapkan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal cerita aritmatika sosial kelas VII MTsN 4 Nganjuk. (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal cerita aritmatika sosial kelas VII MTsN 4 Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen Design dan desain penelitian Post-test Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN 4 Nganjuk tahun ajaran 2022/2023. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII D sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII E sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t-test dan effect size. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa (1) ada pengaruh pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal cerita aritmatika sosial kelas VII MTsN 4 Nganjuk. (2) Besar pengaruh pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal cerita aritmatika sosial kelas VII MTsN 4 Nganjuk sebesar 1,532 atau 93,3% dengan kategori tergolong tinggi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204193055 Siti Fadhia Nash Shukha Mawarti
Date Deposited: 28 Aug 2023 10:41
Last Modified: 28 Aug 2023 10:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39418

Actions (login required)

View Item View Item