SALISA ASLAMASARI, 12208193011 (2023) ANALISIS KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR GURU IPA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS VII MTs AL-MA’ARIF TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (284kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (220kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (125kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (317kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (405kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (150kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (375kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (230kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (119kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Guru IPA Pada Materi Pencemaran Lingkungan di Kelas VII MTs Al-Ma’arif Tulungagung”. Skripsi ini ditulis oleh Salisa Aslamasari NIM. 12208193011, Prodi Tadris Biologi UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Nanang Purwanto, M.Pd. Kata kunci: Analisis, Keterampilan Dasar Mengajar Guru, Materi Pencemaran Lingkungan Keterampilan dasar mengajar merupakan keterampilan atau kemampuan secara keseluruhan yang harus dikuasi oleh guru dan menjadi bekal utama dalam proses mengajar. MTs Al-Ma’arif Tulungagung merupakan salah satu sekolah berbasis pondok pesantren yang memiliki prestasi baik dan pengajar yang baik. Kegiatan belajar di MTs Al-Ma’arif Tulungagung cukup padat dengan materi madin maupun formal. Dalam hal ini, dapat diketahui pada saat proses pembelajaran terdapat beberapa siswa yang kurang semangat dalam belajar, mengantuk dan terasa membosankan pada saat jam pelajaran akibat dari padatnya jadwal madin, formal, maupun kegiatan pondok. Dalam hal ini guru berperan penting dalam menciptakan suasana yang kondisional, sehingga pembelajaran berjalan optimal dengan menerapkan keterampilan dasar dalam mengajar. Peneliti melakukan analisis mengenai penerapan keterampilan dasar mengajar, kendala guru dan kesulitan siswa saat pembelajaran, dan upaya guru dalam mengatasi kendala dan kesulitan siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan keterampilan dasar mengajar guru IPA pada materi pencemaran lingkungan kelas VII di MTs Al-Ma’arif Tulungagung, (2) Mendeskripsikan berbagai kendala dan kesulitan siswa pada saat pembelajaran di kelas, (3) Mendeskripsikan berbagai upaya guru IPA dalam mengatasi kendala dan kesulitan belajar siswa di kelas. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk mengetahui keterampilan dasar mengajar dari 2 guru dan kegiatan pembelajaran di kelas. Wawancara digunakan untuk mengetahui berbagai kendala guru dan kesulitan siswa dan untuk mengetahui upaya yang dapat dilakukan guru. Dokumentasi digunakan sebagai bukti dan mengabadikan proses penelitian berlangsung. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan data reduksi, data display dengan menghitung data menjadi persentase, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa, (1) Secara keseluruhan penerapan keterampilan dasar mengajar guru IPA kelas VII MTs Al Ma’arif menunjukkan kategori sangat baik dengan rata-rata 77.50%, keterampilan memberi penguatan menunjukkan kategori sangat baik dengan rata-rata 79.165%, keterampilan bertanya menunjukkan kategori sangat baik dengan rata-rata 79.16%, keterampilan mengadakan variasi menunjukkan kategori baik dengan rata-rata 73.33%, keterampilan menjelaskan menunjukkan kategori sangat baik dengan rata-rata 81.81%, keterampilan membuka dan menutup pelajaran menunjukkan kategori kurang dengan rata-rata 55.87%, keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan menunjukkan kategori kurang dengan rata-rata 41.42%, keterampilan mengelola kelas menunjukkan kategori sangat baik dengan rata-rata 82.57%, dan keterampilan membimbing diskusi menujukkan kategori kurang dengan rata-rata 40.57%, (2) Kendala yang dialami oleh guru adalah kesulitan dalam menyampaikan materi IPA biologi, adanya siswa yang kurang persiapan dalam menerima pembelajaran, terdapat siswa yang memiliki karakteristik yang berbeda-beda, kesulitan dalam mengkondisikan dan mengelola kelas, sedangkan kesulitan yang dialami siswa dalam belajar adalah kurang memahami materi IPA dan kurang menyukai mata pelajaran IPA, (3) Upaya yang dapat dilakukan oleh guru IPA adalah dengan mempelajari materi kembali, melakukan pembiasaan mengajar, mengadakan ice breaking, memberikan pendekatan kepada siswa, memberikan masukan dan saran, memberikan teguran, menjaga komunikasi, mereview tugas dan memandu siswa yang kurang memahami materi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Biologi > Lingkungan Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 12208193011 SALISA ASLAMASARI |
Date Deposited: | 29 Aug 2023 07:33 |
Last Modified: | 29 Aug 2023 07:33 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39434 |
Actions (login required)
View Item |