PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MINDMAP TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG DI SMPN 1 GONDANG MOJOKERTO

ARINDA DWI STYAWAN PUTRI, 12211193050 (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MINDMAP TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG DI SMPN 1 GONDANG MOJOKERTO. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (716kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (759kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (234kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (566kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (861kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (715kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (431kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MINDMAP TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG DI SMPN 1 GONDANG MOJOKERTO” ini ditulis oleh Arinda Dwi Styawan Putri, NIM. 12211193050, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Tadris Fisika, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dengan dosen pembimbing Muhammad Luqman Hakin Abbas, S.Si., M.Pd. Kata kunci : Problem Based Learning (PBL), Mindmap, Kreativitas, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh upaya peningkatan mutu pendidikan di Indonesia. Tentunya hal ini juga mempengaruhi upaya guru sebagai pendidik untuk mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan. Oleh karena itu, inovasi dalam model pembelajaran sangat diperlukan. Namun saat ini, khususnya dalam mata pelajaran IPA Fisika, masih banyak guru yang menggunakan cara tradisional dan hanya mempraktikkan rumus-rumus khusus untuk menyelesaikan soal atau himpunan bilangan. Situasi ini menyebabkan pemahaman siswa yang buruk dan kinerja yang buruk. Berbagai model dan metode pembelajaran telah dikembangkan untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa. Salah satu alternatif yang dapat dipilih guru adalah dengan menggunakan model Problem Based Learning berbantuan Mindmap. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui adanya pengaruh model Problem Based Learning berbantuan Mindmap terhadap kreativitas siswa materi Getaran dan Gelombang di SMPN 1 Gondang Mojokerto. (2) Untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbantuan Mindmap terhadap hasil adanya belajar siswa materi Getaran dan Gelombang di SMPN 1 Gondang Mojokerto. (3) Untuk mengetahui adanya pengaruh model Problem Based Learning berbantuan Mindmap terhadap kreativitas dan hasil belajar siswa materi Getaran dan Gelombang di SMPN 1 Gondang Mojokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperiment. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Posttest Only Control Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Gondang Mojokerto yang berjumlah 248 siswa. Pada penelitian ini menggunakan teknik sampel Purposive Sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas VIII-A dengan jumlah 31 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-B yang juga berjumlah 31 siswa sebagai kelas kontrol. Adapun teknik pengumpulan data adalah yang digunakan peneliti ini adalah: (1) Tes, (2) Dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah uji-t dan uji MANOVA. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan analisis data, pada pengujian hipotesis menggunakan uji-t dan uji MANOVA, diperoleh hasil sebagai berikut: (1) Terdapat pengaruh model Problem Based Learning berbantuan Mindmap terhadap kreativitas siswa materi getaran dan gelombang di SMPN 1 Gondang Mojokerto. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan teknik uji-t dengan taraf signifikansi 5% nilai sig 0,001 < 0,05. (2) Terdapat pengaruh model Problem Based Learning berbantuan Mindmap terhadap hasil belajar siswa materi getaran dan gelombang di SMPN 1 Gondang Mojokerto. Hasil uji hipotesis menggunakan teknik uji-t dengan taraf signifikansi 5% nilai sig 0,001 < 0,05. (3) Terdapat pengaruh model Problem Based Learning berbantuan Mindmap terhadap kreativitas dan hasil belajar siswa materi getaran dan gelombang di SMPN 1 Gondang Mojokerto. Menggunakan uji Manova didapatkan empat nilai signifikansi yang sama pada Pillai’s Trace, Wilks’ Lambda, Hotelling’s Trace, dan Roy’s Largest Root yaitu senilai 0,001 yang mana berarti 0,001 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 12211193050 Arinda Dwi Styawan Putri
Date Deposited: 29 Aug 2023 07:47
Last Modified: 29 Aug 2023 07:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39436

Actions (login required)

View Item View Item