PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN WORD OF MOUTH DAN METODE PEMBAYARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELI PRODUK GULA MERAH (Studi Kasus di UMKM Gendhis Manis Berkah Makmur Ngadiluwih)

MUHAMMAD HANIF PRAMUDIA, 12405193140 (2023) PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN WORD OF MOUTH DAN METODE PEMBAYARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELI PRODUK GULA MERAH (Studi Kasus di UMKM Gendhis Manis Berkah Makmur Ngadiluwih). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (343kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (838kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (588kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (434kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Strategi Pemasaran Word of Mouth dan Metode Pembayaran dalam Meningkatkan Minat Beli Produk Gula Merah (Studi Kasus di UMKM Gendhis Manis Berkah Makmur Ngadiluwih)” yang ditulis oleh Muhammad Hanif Pramudia, NIM 12405193140, pembimbing Dr. Nur Aziz Muslim, M. H. I. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin bertambahnya UMKM terutama dalam bidang penjualan gula merah di daerah Ngadiluwih di era digitalisasi ini. Namun UMKM Gendhis Manis Berkah Makmur dapat bertahan dan berkembang pesat dengan menggunakan strategi pemasaran dan metode pembayaran secara tradisional, yaitu strategi pemasaran word of mouth dan metode pembayaran kredit, cash on delivery, dan pre order yang dapat menarik minat beli konsumen. Fokus penelitian ini, yaitu (1) bagaimana strategi pemasaran word of mouth dalam meningkatkan minat beli gula merah di UMKM Gendhis Manis Berkah Makmur? (2) bagaimana penerapan metode pembayaran dalam usaha gula merah di UMKM Gendhis Manis Berkah Makmur dalam meningkatkan minat beli? (3) bagaimana penerapan strategi pemasaran word of mouth dan metode pembayaran di UMKM Gendhis Manis Berkah Makmur dalam perspektif ekonomi syariah?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan strategi pemasaran word of mouth, metode pembayaran, dan penerapan strategi pemasaran word of mouth dan metode pembayaran yang digunakan pada UMKM Gendhis Manis Berkah Makmur dalam perspektif ekonomi syariah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data diperoleh dari wawancara dengan pemilik dan karyawan UMKM Gendhis Manis Berkah Makmur dan sumber data dokumentasi diperoleh dari dokumentasi di tempat penelitian. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis data model Miles and Huberman, yaitu terdiri dari kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Strategi word of mouth sudah tepat penerapannya karena sesuai prinsip, karena dapat meningkatkan minat beli gula merah dalam usaha ini. Pembeli dan pelanggan atas keinginannya sendiri memberikan rekomendasi dan ulasan yang baik kepada orang lain. 2) Metode pembayaran yang digunakan, yaitu kredit tanpa bunga, cash on delivery (COD), dan pre order dapat meningkatkan minat beli calon pembeli karena kemudahan dalam pembayaran dan bersifat mengikat. 3) Strategi pemasaran word of mouth dan metode pembayaran di UMKM Gendhis Manis Berkah Makmur sesuai dengan perspektif ekonomi syariah. Pada strategi pemasaran word of mouth memenuhi prinsip ketuhanan, etis, realistis, dan humanistis. Pada penerapan metode pembayaran juga sesuai dengan perspektif ekonomi syariah karena tidak terdapat penambahan biaya atau riba, sesuai akad penjual dan pembeli yang dilakukan sejak awal, dan selalu mengkonfirmasi kapan barang akan dikirimkan kepada pembeli atau pelanggan. Kata Kunci : metode pembayaran, minat beli, strategi pemasaran, word of mouth.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Ekonomi > Manajemen Syariah
Ekonomi > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: S1 12405193140 Muhammad Hanif Pramudia
Date Deposited: 05 Sep 2023 06:30
Last Modified: 05 Sep 2023 06:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39448

Actions (login required)

View Item View Item