NAYLA HUSNIAH, 12209193103 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI MTS ASWAJA TUNGGANGRI. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (7MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (5MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di MTs Aswaja Tunggangri” ini ditulis oleh Nayla Husniah, NIM. 12209193103, pembimbing Anggoro Putranto, S.Pd, M.Sc. Kata Kunci: Metode Pembelajaran Berbasis Masalah, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena tentang pemahaman siswa pada materi IPS cukup rendah karena metode pembelajaran yang diterapkan kurang variatif yang berdampak pada siswa menjadi bosan dan kurang memiliki motivasi untuk belajar belajar sehingga hasil belajar siswa rendah. Salah satu cara yang dipilih dan digunakan guru dalam kegiatan pembelajaran yaitu dengan menerapkan metode pembelajaran berbasis masalah sehingga siswa semangat dan tidak bosan dan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajarnya. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap motivasi belajar siswa IPS kelas VIII di MTs Aswaja Tunggangri? (2) Bagaimana pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di MTs Aswaja Tunggangri?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di MTs Aswaja Tunggangri. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Adapun variabel yang digunakan yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Sampel pada penelitian ini diambil dari kelas VIII A dijadikan kelas eksperimen dengan jumlah 14 siswa dan kelas VIII B dijadikan kelas kontrol dengan jumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Selanjutnya, analisis data pada penelitian ini yaitu uji instrument penelitian, uji prasyarat, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan Penerapan metode pembelajaran berbasis masalah terhadap motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPS siswa kelas VIII di MTs Aswaja Tunggangri terdapat pengaruh yang signifikan berdasar output uji t-test dengan perolehan nilai
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ilmu Pengetahuan Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | S1 12209193103 NAYLA HUSNIAH |
Date Deposited: | 29 Aug 2023 07:43 |
Last Modified: | 29 Aug 2023 07:43 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39457 |
Actions (login required)
View Item |