AFIFATUL ATSNA FARADINA, 17206153034 (2023) METODE BERCERITA DALAM PENANAMAN AKHLAK PADA ANAK USIA DINI DI TK DHARMA WANITA 1 DURENAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (790kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (440kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (39kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (247kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (400kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (136kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (453kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (41kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (164kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Metode Bercerita dalam Penanaman Akhlak pada Anak Usia Dini di TK Dharma Wanita 1 Durenan, Trenggalek” ini ditulis oleh Afifatul Atsna Faradina, NIM 17206153034, Pembimbing Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I. Kata Kunci : Metode Bercerita, Penanaman Akhlak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh problem tentang kenakalan dan buruknya akhlak di zaman modern seperti saat ini. Banyak anak yang melakukan perilaku yang tidak terpuji. Untuk mengatasi hal tersebut, sekolah perlu menanamkan nilai-nilai akhlak pada anak. Salah satu metode yang digunakan untuk menanamkan akhlak pada anak adalah dengan metode bercerita. metode bercerita adalah metode yang tepat dan cocok untuk anak usia dini karena metode tersebut menyenangkan. Pertanyaan penelitian dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana implementasi metode bercerita dalam penanaman akhlak pada anak di TK Dharma Wanita 1 Durenan? (2) Bagaimana implikasi metode bercerita dalam penanaman akhlak pada anak di TK Dharma Wanita 1 Durenan? (3) Bagaimana faktor-faktor yang mempengaruhi metode bercerita dalam penanaman akhlak pada anak di TK Dharma Wanita 1 Durenan?. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun teknik pengecekan keabsahan data yaitu dengan triangulasi, perpanjang pengamatan dan pemeriksaan sejawat. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa : (1) Pelaksanaan metode bercerita dalam penanaman akhlak pada anak di TK Dharma Wanita 1 Durenan dilakukan dengan 3 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Pelaksanaan metode bercerita dilakukan dengan menggunakan media yang bermacam-macam. Pemilihan cerita dalam penerapan metode bercerita dalam penanaman akhlak di TK Dharma Wanita 1 Durenan adalah dipilih berdasarkan cerita yang menarik, sesuai dengan anak dan sesuai dengan tema dan materi yang akan disampaikan. (2) Implikasi dari penerapan metode bercerita dalam penanaman akhlak anak di TK Dharma Wanita 1 Durenan menunjukkan perubahan akhlak yang baik diantaranya yaitu anak-anak terbiasa berperilaku sabar, sopan, melakukan ibadah sesuai dengan agamanya, mau menolong dan beragi, serta menyayangi sesama ciptaan Tuhan. (3) Faktor – faktor yang mempengaruhi metode bercerita dalam penanaman akhlak anak di TK Dharma Wanita 1 Durenan yaitu faktor anak didik, faktor keluarga, faktor lingkungan dan faktor media.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > PAUD Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Anak |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | 17206153034 Afifatul Atsna Faradina |
Date Deposited: | 29 Aug 2023 09:11 |
Last Modified: | 29 Aug 2023 09:11 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39467 |
Actions (login required)
View Item |