PENGENALAN HURUF MELALUI MEDIA FLASHCARD UNTUK ANAK USIA DINI DI TK AISYIYAH PULOSARI KECAMATAN NGUNUT TULUNGAGUNG

FAI DATHUL KHOIRUNNISA`, 12206183077 (2023) PENGENALAN HURUF MELALUI MEDIA FLASHCARD UNTUK ANAK USIA DINI DI TK AISYIYAH PULOSARI KECAMATAN NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (686kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (315kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (120kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (306kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (219kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengenalan Huruf melalui media flashcard untuk anak usia dini di TK Aisyiyah Pulosari Ngunut Tulungagung” ini ditulis oleh Faidathul Khoirunnisa`, NIM. 12206183077, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung tempat penelitian di TK Aisyiyah Pulosari Ngunut Dosen Pembimbing Dr. Phil. Syaifuddin Zuhri, M.A. Kata kunci: Pengenalan huruf Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengenalan bahasa pada pendidikan anak usia dini diharapkan mampu membuat anak memahami bahasa reseptif. Artinya anak dapat memahami bahasa, perintah dan aturan serta menikmati dan menghayati bacaan yang diajarkan di PAUD. Selain itu, perkembangan bahasa juga dapat mengekspresikan bahasa. Ekspresi verbal seperti kemampuan bertanya, kemampuan merespon, kemampuan berkomunikasi secara verbal, kemampuan melampaui pemahaman yang diketahui pada anak usia dini, sehingga anak bisa cepat lancar membaca dengan pengenalan huruf. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana flashcard dibuat? (2) Bagaimana Efektifitas flashcard sebagai media pengenalan huruf untuk anak usia dini? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, Lokasi penelitian dilakukan di TK Aisyiyah Pulosari Ngunut Tulungagung, dengan mengoptimalkan kehadiran peneliti dalam penggalian data yang digali berdasarkan dua sumber, yaitu: (1) data primer dan (2) data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, selanjutnya pengecekan keabsahan data temuan dengan kredibility, transferability, depenbility, dan confirmanbility. Skripsi ini bermanfaat bagi Kepala Sekolah TK Aisyiyah Pulosari Ngunut Tulungagung, sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran, bagi siswa TK Aisyiyah Pulosari Ngunut Tulungagung sebagai bahan kajian dan renungan untuk memperbaiki akhlak dan prestasi belajar. Bagi pembaca atau peneliti lain sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti bagi peneliti lebih lanjut. Hasil penelitian skripsi ini adalah (1) Flashcard dibuat dengan kertas karton ukuran 25 x 30 cm lalu diberi huruf abjad A sampai Z dan balik kertasnya diberi gambar kemudian dilaminating biar tahan lama, saat digunakan tidak mudah rusak Flashcard yang dibuat harus sesuai dengan tujuan pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa dan bahasa pengantar anak usia dini. Melalui pengenalan huruf media flashcard anak menjadi bisa dalam mengucapkan huruf vokal atau huruf abjad menjadi giat belajar. (2) Efektivitas flashcard sebagai media pengenalan huruf untuk anak usia dini. a. Membuat media flashcard lebih efektif dibanding dengan mengenal huruf saja. Dibuktikan dengan media flashcard, dimana lebih kreatif dibanding hanya mengenal huruf saja. b. Membuat media flashcard berupa gambar dan kata-kata semakin menarik dibanding yang hanya mengenal huruf, dibuktikan dengan media flashcard anak lebih mengerti dibanding mengenal huruf saja. c. Lebih hebat anak dalam mengenal huruf melalui media flashcard, anak menjadi bersemangat dan penuh percaya diri.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 12206183077 FAI DATHUL KHOIRUNNISA`
Date Deposited: 29 Aug 2023 09:18
Last Modified: 29 Aug 2023 09:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39471

Actions (login required)

View Item View Item