ZULFA ALFI SALSABILA, 12212183028 (2023) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MA DARUL FAIZIN KELAS XII PADA METERI LARUTAN PENYANGGA. [ Skripsi ]
This is the latest version of this item.
|
Text
SAMPUL.pdf Download (970kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (501kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (84kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (338kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (634kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (602kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (323kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (191kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (425kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa MA Darul Faizin Kelas XII Pada Materi Larutan Penyangga” ini ditulis oleh Zulfa Alfi Salsabila, NIM. 12212183028, pembimbing Tutik Sri Wahyuni, M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan, Berpikir Kritis, Larutan Penyangga Kemampuan berpikir kritis sangat diperlukan di tengah perkembangan teknologi yang semakin pesat pada abad 21. Kemampuan berpikir krtitis merupakan kemampuan berpikir secara relatif dan logis, sehingga dapat memecahkan atau menyelesaikan suatu masalah. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mendapatkan kemampuan berpikir kritis siswa MA Darul Faizin kelas XII pada materi larutan penyangga. Metode dalam penelitian yaitu metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII MIPA di MA Darul Faizin Jombang dengan jumlah 20 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian adalah teknik purposive sampling. Tes yang digunakan berupa soal essay yang berjumlah 10 butir soal. Instrumen tes soal divalidasi oleh ahli yaitu 2 dosen kimia dan 1 guru kimia, dan divalidasi empiris yang menghasilkan 9 butir soal valid dan reliabilitas soal sebesar 0,905 dengan kategori sangat tinggi. Hasil jawaban siswa yang telah diperoleh kemudian dianalisis dan dikategorikan sesuai dengan tingkat kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa kelas XII MIPA di MA Darul Faizin pada materi larutan penyangga yaitu kemampuan sangat kritis dengan persentase 10%, kemampuan kritis dengan persentase 10%, kemampuan cukup kritis dengan persentase 5%, kemampuan kurang kritis dengan persentase sebesar 30%, kemampuan tidak kritis dengan persentase 45%. Total rata-rata persentase kemampuan berpikir kritis sebesar 37,5% yang berada pada kategori kurang kritis. Hasil persentase berdasarkan aspek berpikir kritis antara lain aspek memberikan penjelasan dasar dengan kategori baik memiliki rata-rata persentase sebesar 65%, aspek memberikan penjelasan lanjut dengan kategori baik memiliki rata-rata persentase sebesar 50%, dan aspek menginferensi dengan kategori kurang memiliki rata-rata persentase sebesar 21%.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Kimia Kimia > Larutan Elektrolit Kimia > Larutan Non Elektrolit Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia |
Depositing User: | 12212183028 ZULFA ALFI SALSABILA |
Date Deposited: | 24 Aug 2023 07:08 |
Last Modified: | 24 Aug 2023 07:08 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39476 |
Available Versions of this Item
-
ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MA DARUL FAIZIN KELAS XII PADA METERI LARUTAN PENYANGGA. (deposited UNSPECIFIED)
- ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MA DARUL FAIZIN KELAS XII PADA METERI LARUTAN PENYANGGA. (deposited 24 Aug 2023 07:08) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |