FENDI, 12204193026 (2023) KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS STUDY CLUB MATEMATIKA PADA POKOK MATERI TRIGONOMETRI DITINJAU DARI GENDER MAN 2 BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (789kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (981kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (374kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (755kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (712kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (384kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (469kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (193kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (417kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas Study Club Matematika Pada Pokok Materi Trigonometri Ditinjau Dari Gender MAN 2 Blitar” ini ditulis oleh Fendi, NIM. 12204193026, Pembimbing Dr. Sutopo, M.Pd. Kata Kunci: Komunikasi Matematis, Siswa Study Club, Trigonometri Komunikasi merupakan proses pertukaran informasi yang terjadi antar manusia. Komunikasi menjadi salah satu kebutuhan dasar yang dimiliki oleh setiap individu dalam berinteraksi dengan kelompoknya. Sehingga komunikasi memegang peranan penting dalam kehidupan sehari-hari. Komunikasi tidak hanya berbentuk lisan, melainkan juga tulisan yang diwujudkan kedalam simbol-simbol seperti contohnya adalah komunikasi matematis. Komunikasi matematis memegang peranan penting dalam proses belajar siswa khususnya dalam mata pelajaran matematika. Sedangkan preses interaksi yang terjadi pada gender laki- laki berbeda dengan perempuan. Karena alasan itulah peneliti lewat penelitian ini mencoba menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi siswa baik bergender laki-laki maupun perempuan. Adapun tujuan dalam penelitian ini diantaranya; 1) Mendeskripsikan kemampuan komunkasi matematis siswa bergender laki-laki kelas Study Club Matematika MAN 2 Blitar dalam menyelesaikan soal trigonometri dan 2) Mendeskripsikan kemampuan komunkasi matematis siswa bergender perempuan kelas Study Club Matematika MAN 2 Blitar alam menyelesaikan soal trigonometri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis pendekatan menggunakan Studi Kasus. Subjek Penelitian ini menggunakan 4 siswa yang terdiri dari 2 siswa laki-laki dan 2 siswa perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah test dan wawancara. Analisis data menggunakan metode Reduksi, Penyajian data, dan Penarikan kesimpulan Kesimpulan dalam penelitian ini diantaranya ; 1) Siswa perempuan dapat memenuhi semua indikator kemampuan komunikasi matematis diantaranya mengekspresikan ide-ide matematis, mengevaluasi ide-ide matematis dalam berbagai bentuk, serta mampu menggunakan istilah dn notasi matematis yang disajikan dalam model-model situasi, 2) Siswa laki-laki memenuhi indikator mengekspresikan ide-ide matematis serta mampu menggunakan istilah dan notasi matematis yang disajikan dalam model-model situasi, namun belum bisa mengevaluasi ide-ide matematis dalam berbagai bentuk.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan Islam > Madrasah aliyah Matematika > Masalah Matermatika Pendidikan Pendidikan Islam Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 1 Bismillah |
Date Deposited: | 30 Aug 2023 10:52 |
Last Modified: | 30 Aug 2023 10:52 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39478 |
Actions (login required)
View Item |