KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS STUDY CLUB MATEMATIKA PADA POKOK MATERI TRIGONOMETRI DITINJAU DARI GENDER MAN 2 BLITAR

FENDI, 12204193026 (2023) KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS STUDY CLUB MATEMATIKA PADA POKOK MATERI TRIGONOMETRI DITINJAU DARI GENDER MAN 2 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (789kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (981kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (755kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (712kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (417kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas Study Club Matematika Pada Pokok Materi Trigonometri Ditinjau Dari Gender MAN 2 Blitar” ini ditulis oleh Fendi, NIM. 12204193026, Pembimbing Dr. Sutopo, M.Pd. Kata Kunci: Komunikasi Matematis, Siswa Study Club, Trigonometri Komunikasi merupakan proses pertukaran informasi yang terjadi antar manusia. Komunikasi menjadi salah satu kebutuhan dasar yang dimiliki oleh setiap individu dalam berinteraksi dengan kelompoknya. Sehingga komunikasi memegang peranan penting dalam kehidupan sehari-hari. Komunikasi tidak hanya berbentuk lisan, melainkan juga tulisan yang diwujudkan kedalam simbol-simbol seperti contohnya adalah komunikasi matematis. Komunikasi matematis memegang peranan penting dalam proses belajar siswa khususnya dalam mata pelajaran matematika. Sedangkan preses interaksi yang terjadi pada gender laki- laki berbeda dengan perempuan. Karena alasan itulah peneliti lewat penelitian ini mencoba menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi siswa baik bergender laki-laki maupun perempuan. Adapun tujuan dalam penelitian ini diantaranya; 1) Mendeskripsikan kemampuan komunkasi matematis siswa bergender laki-laki kelas Study Club Matematika MAN 2 Blitar dalam menyelesaikan soal trigonometri dan 2) Mendeskripsikan kemampuan komunkasi matematis siswa bergender perempuan kelas Study Club Matematika MAN 2 Blitar alam menyelesaikan soal trigonometri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis pendekatan menggunakan Studi Kasus. Subjek Penelitian ini menggunakan 4 siswa yang terdiri dari 2 siswa laki-laki dan 2 siswa perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah test dan wawancara. Analisis data menggunakan metode Reduksi, Penyajian data, dan Penarikan kesimpulan Kesimpulan dalam penelitian ini diantaranya ; 1) Siswa perempuan dapat memenuhi semua indikator kemampuan komunikasi matematis diantaranya mengekspresikan ide-ide matematis, mengevaluasi ide-ide matematis dalam berbagai bentuk, serta mampu menggunakan istilah dn notasi matematis yang disajikan dalam model-model situasi, 2) Siswa laki-laki memenuhi indikator mengekspresikan ide-ide matematis serta mampu menggunakan istilah dan notasi matematis yang disajikan dalam model-model situasi, namun belum bisa mengevaluasi ide-ide matematis dalam berbagai bentuk.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Matematika > Masalah Matermatika
Pendidikan
Pendidikan Islam
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1 Bismillah
Date Deposited: 30 Aug 2023 10:52
Last Modified: 30 Aug 2023 10:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39478

Actions (login required)

View Item View Item