STRATEGI BISNIS YANG DILAKUKAN PEDAGANG SEMBAKO DALAM MENGHADAPI KENAIKAN BBM

HIDAN DEWA, 12405193335 (2023) STRATEGI BISNIS YANG DILAKUKAN PEDAGANG SEMBAKO DALAM MENGHADAPI KENAIKAN BBM. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (457kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (187kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (242kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (383kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (606kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (431kB)

Abstract

Strategi Bisnis yang Dilakukan Pedagang Sembako dalam Menghadapi Kenaikan BBM (studi kasus Pasar Rakyat Ngunut, Tulungagung), yang ditulis oleh Hidan Dewa, NIM.12405193335, Program Studi Manajemen Bisnis Syariah, Jurusan Bisnis dan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Dosen pembimbing Dr. H. Dede Nurohman, M.Ag. Pada 3 September 2022, pemerintah telah resmi menaikkan harga tiga jenis BBM yaitu solar, pertalite, dan pertamax. Kenaikan harga BBM berimbas terhadap harga sembilan bahan pokok yang juga ikut bergerak naik, sehingga memberikan pengaruh kepada para pedagang sembilan bahan pokok. Penelitian ini mengangkat permasalahan mengenai strategi bisnis yang dilakukan pedagang sembako di Pasar Rakyat Ngunut dalam menghadapi kenaikan BBM. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui dampak apa saja yang dialami pedagang sembako akibat naiknya harga BBM. 2) mengetahui strategi apa saja yang digunakan pedagang sembako Pasar Rakyat Ngunut. 3) mengetahui alasan yang mendorong para pedagang Pasar Rakyat Ngunut melakukan strategi bisnis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis pendekatan studi kasus. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data pada penelitian ini berasal dari data primer dan data sekunder. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: 1) Dampak yang dialami pedagang sembako di Pasar Rakyat Ngunut akibat naiknya harga BBM ada beberapa faktor. Adapun dampakya sebagai sebagai berikut : Penurunan penjualan, Penurunan pendapatan, Penurunan omzet, Kenaikan beban biaya hidup. 2) Strategi yang digunakan pedagang sembako di Pasar Rakyat Ngunut sangatlah beragam sesuai dengan kemampuan fisik dan juga sudut pandang berfikir pedagang. Adapun strateginya sebagai berikut : Pengurangan stok, Pemasaran media digital, Supplay kios perumahan, Kerjasama dengan reseller.3) Alasan yang mendorong para pedagang sembako di Pasar Rakyat Ngunut melakukan strategi bisnis adalah sebagai berikut : Ketidakstabilan kondisi harga, Kemampuan atau SDM, Pengalaman berdagang. Kata kunci: Strategi Bisnis, Dampak BBM

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Manajemen Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Mahasiswa 12405193335 Hidan Dewa
Date Deposited: 29 Aug 2023 13:50
Last Modified: 29 Aug 2023 13:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39510

Actions (login required)

View Item View Item