THE EFFECTIVENESS OF BUZZ GROUP METHOD ON THE SEVENTH GRADE STUDENTS’ READING COMPREHENSION IN DESCRIPTIVE TEXT AT SMP MUALLIMIN WONODADI BLITAR

ANASTASYA SHERINA PUTRI, 12203193138 (2023) THE EFFECTIVENESS OF BUZZ GROUP METHOD ON THE SEVENTH GRADE STUDENTS’ READING COMPREHENSION IN DESCRIPTIVE TEXT AT SMP MUALLIMIN WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (945kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (436kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (588kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (398kB) | Preview

Abstract

Sherina Putri, Anastasya. Nomor Induk Mahasiswa 12203193138. The Effectiveness of Buzz Group Method on seventh grade students’ reading comprehension in descriptive text at SMP Muallimin Wonodadi Blitar. Skripsi. Jurusan Tadris Bahasa Inggris. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung.Pembimbing: Dr. Erna Iftanti, S.S, M.Pd. Kata kunci: Reading Comprehension, Buzz Group. Membaca sangat berperan penting dalam proses belajar dan mengajar Bahasa. Untuk memahami dan menguasai semua pelajaran diperlukan membaca. Pada kenyataannya, tanpa memiliki kemampuan membaca yang cukup, siswa akan mengalami hambatan dan kesulitan dalam belajar Bahasa Inggris. Metode Buzz Group merupakan salah satu dari beberapa metode yang dapat digunakan dalam mengajar Bahasa inggris. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “ Apakah ada perbedaan yang signifikan dari kemampuan membaca siswa dalam teks deskriptif sebelum dan sesudah diajar mengunakan metode Buzz Group di SMP Muallimin Wonodadi Blitar?” dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan antara pemahaman membaca siswa dalam teks deskriptif sebelum dan sesudah diajar dengan menggunakan metode Buzz Group pada siswa kelas VII SMP Muallimin Wonodadi Blitar. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pre-experimental dengan menggunakan satu grup pretes-posttest dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas tujuh SMP Muallimin Wonodadi Blitar yang terdiri dari 4 kelas. Sample penelitian ini adalah kelas VII-B yang berjumlah 32 siswa. Instrumen yang digunakan adalah test pilihan ganda. Peneliti melakukan penelitian ini dalam 6 kali pertemuan yang mana pertemuan pertama diawali dengan pretest, kemudian dilanjutkan treatment 4 kali pertemuan dan post test pada pertemuan terakhir. Peneliti mengumpulkan nilai siswa pada pre-test dan post test. Peneliti menganalisa data dengan menggunaka Independent Sample T-test dengan IBM SPSS versi 26.0002E Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Buzz Group Method adalah Teknik yang cukup efektif untuk mengajar kemampuan membaca siswa di kelas VII SMP Muallimin Wonodadi Blitar. Hal ini dapat diketahui dari nilai rata rata siswa pada pretest sebelum diajar menggunakan Buzz Group method adalah 56.16, sedangkan nilai rata rata siswa pada post-test setelah diajar menggunakan Buzz Group method adalah 78.72. Selain itu, hal ini juga diketahui dari p value yang lebih kecil dari p level (0.000 < 0.05). Dengan demikian, Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan skor yang signifikan dari siswa yang memiliki kemampuan membaca sebelum dan sesudah diajar menggunakan Buzz group Method.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Inggris
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: S1 12203193138 ANASTASYA SHERINA PUTRI
Date Deposited: 29 Aug 2023 14:48
Last Modified: 14 Sep 2023 08:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39523

Actions (login required)

View Item View Item