PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KETAQWAAN BERIBADAH PESERTA DIDIK DI MADRASAH DINIYAH TARBIYATUL ATHFAL BANYAKAN KEDIRI

MOHAMAD SYIFA AL FUAD, 12201183317 (2023) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KETAQWAAN BERIBADAH PESERTA DIDIK DI MADRASAH DINIYAH TARBIYATUL ATHFAL BANYAKAN KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Peran Guru Dalam Meningkatkan Ketaqwaan Beribadah Peserta Didik di Madrasah Diniyah Tarbiyatul Athfal Banyakan Kedriri” ini ditulis oleh Mohamad Syifa Al Fuad, NIM. 12201183317, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Prof. Dr. Hj. Elfi Mu’awanah, S.Ag, M.Pd., NIP. 197211271997032001 Kata Kunci : Peran Guru, Meningkatkan Ketaqwaan Penelitian ini dilatar belakangi oleh Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya fenomena perkembangan zaman yang semakin maju dan pesat yang mempengaruhi perkembangan ketaqwaan beribadah. Oleh karena itu perlu ditingkatkan dalam pembelajaran sepiritual atau pembelajaran tentang keagamaan. Guru merupakan komponen sentral dalam pendidikan, sebagai guru mereka dituntut untuk memberikan contoh teladan dan memiliki kewibawaan untuk memberikan pengaruh positif bagi pembentukan kepribadian dan watak peserta didik. Dalam tinjauan agama islam ditugaskan tugas keagamaan guru sebagai juru dakwah yaitu bertugas menyampaikan kebaikan dan mencegah kemungkaran sehingga tugas yang di emban semata-mata untuk menyebarkan dan mensosialisasikan ajaran agama kepada peserta didik. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana peran guru sebagai konservator dalam meningkatkan ketaqwaan beribadah peserta didik di madrasah diniyah tarbiyatul athfal banyakan kediri ? (2) Bagaimana peran guru sebagai fasilitator dalam meningkatkan ketaqwaan beribadah peserta didik di madrasah diniyah tarbiyatul athfal banyakan kediri ? (3) Bagaimana peran guru sebagai motivator dalam meningkatkan ketaqwaan beribadah peserta didik di madrasah diniyah tarbiyatul athfal banyakan kediri ? Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui peran guru sebagai konservator dalam meningkatkan ketaqwaan beribadah peserta didik di madrasah diniyah tarbiyatul athfal banyakan kediri (2) Untuk mengetahui peran guru sebagai fasilitator dalam meningkatkan ketaqwaan beribadah peserta didik di madrasah diniyah tarbiyatul athfal banyakan kediri (3) Untuk mengetahui peran guru sebagai motivator dalam meningkatkan ketaqwaan beribadah peserta didik di madrasah diniyah tarbiyatul athfal banyakan kediri. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan beberapa langkah yaitu : reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Sedangkan untuk mengecek keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan keterpercayaan, perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dan triangulasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Peran guru sebagai konservator dalam meningkatkan ketaqwaan beribadah peserta didik di madrasah diniyah tarbiyatul athfal banyakan kediri. Guru memiliki peran konservator dengan melakukan pengajaran tentang tata cara berpakaian dan menuntun peserta didik untuk bertanggung jawab dalam kewajiban beribadah (2) Peran guru sebagai fasilitator dalam meningkatkan ketaqwaan beribadah peserta didik di madrasah diniyah tarbiyatul athfal banyakan kediri. sebagai fasilitator guru bertugas dalam mengarahkan, mendidik, dan berkarakter. Guru memberikan alat atau fasilitas yakni sarana dan prasarana guna untuk memberi kemudahan dalam kegiatan belajarya (3) Peran guru sebagai motivator dalam meningkatkan ketaqwaan beribadah peserta didik di madrasah diniyah tarbiyatul athfal banyakan kediri. Yakni guru memiliki peran dalam meningkatkan minat dan semangat dalam mengikuti pembelajaran, sebagai peran motivator guru juga bertugas dalam mengarahkan,memberi dorongan, menuntun, meyakinkan, mendidik, dan membentuk peserta didik menjadi berkarakter dan meningkatkan ketaqwaan beribadah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Peserta Didik
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Pendidikan Islam > TPA
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: SYIFA 12201183317 MOHAMAD SYIFA AL FUAD
Date Deposited: 13 Nov 2023 03:01
Last Modified: 13 Nov 2023 03:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39550

Actions (login required)

View Item View Item