AHMAD MUAMMAR KADAFI AZZUHDI, 12201183459 (2023) PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENANAMKAN KEDISIPLINAN PADA SISWA MAN KOTA BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (575kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (423kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (558kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (427kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (344kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (759kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (349kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (322kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (220kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Menanamkan Kedisiplinan Pada Siswa MAN Kota Blitar” ini ditulis oleh Ahmad Muammar Kadafi Azzuhdi. NIM 12201183459, Jurusan Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmtullah Tulungagung yang dibimbing oleh H. Abdulloh Chakim,S,ag M.Pd. Kata Kunci : Peran Guru Akidah Akhlak, Menanamkan Kedisiplinan Siswa Karakter kedisiplinan sangat penting diterapkan terutama dikalangan siswa, dengan ditanamkan sikap kedisiplinan kepada siswa diharapkan siswa dapat berperilaku sesuai dengan aturan tata tertib yang ada, bukan hanya disiplin dalam aturan tata tertib tapi juga harus disiplin dengan keagamaanya harus diperhatikan. Guru akidah akhlak mempunyai peran ganda bukan hanya mendidik akidah dan akhlak siswa tetapi juga dengan karakter kedisiplinannya. Fokus permasalahan dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana kondisi yang diciptakan madrasah atau lembaga dalam menanamkan karakter disiplin pada siswa MAN Kota Blitar? 2) Bagaimana peran guru akidah akhlak dalam mengimplementasikan atau menanamkan karakter disiplin siswa MAN Kota Blitar? 3) Bagaimana Karakteristik disiplin siswa sebagai hasil penanaman karakter disiplin di MAN Kota Blitar?. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, yang dilaksanakan di MAN Kota Blitar. Subjek penelitian ini adalah guru akidah akhlak, informan penelitian sendiri ialah kepala sekolah, guru akidah akhlak dan 2 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian (1) Kondisi Senantiasa menciptakan kondisi yang sesuai dengan visi dan misi yang ada di MAN Kota Bitar yakni menjalankan IMTAQ dan IMTEK untuk IMTAQ meningkatkan iman serta taqwa contoh penerapannya seperti menjalankan sholat secara berjamaah dan membaca Al-Qur’an, ketertiban dalam pemakaian atribut sekolah, hal ini dilakukan tidak lain untuk menanamkan katakter disiplin siswa. (2) Kedudukan Kedudukan guru akidah akhlak ialah guru senantiasa berlaku adil terhadap semua siswa, menghormati siswa dan menyayangi mereka menghukum siswa bukan karena membencinya memberikan contoh atau teladan kepada siswa seperti berperilaku yang baik, sopan santun, disiplin, dan mematuhi tata tertib yang ada di Madrasah. (3) Karakter disiplin dengan baik, seperti berkurangnya siswa yang terlambat, siswa mengumpulkan tugas tapat waktu, senantiasa mengikuti kegiatan-kegiatan di Madrasah dengan tertib.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah aliyah Pendidikan Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 1313030080 OK PRINT |
Date Deposited: | 31 Aug 2023 03:34 |
Last Modified: | 31 Aug 2023 03:34 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39603 |
Actions (login required)
View Item |