PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBANTUAN FILM DAN KARTUN PADA MATERI KIMIA UNSUR

ZAHWA HUSNA, 12212193088 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBANTUAN FILM DAN KARTUN PADA MATERI KIMIA UNSUR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (268kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (224kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (137kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (267kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB) | Preview

Abstract

Kebebasan berteknologi di sekolah membuka kesempatan bagi semua pihak baik guru maupun warga sekolah untuk memanfaatkannya sebagai media pembelajaran salah satunya sebagai media interaktif yang dapat menarik pengguna mengkontrol media tersebut. Kebiasaan penyalahgunaan kebebasan berteknologi salah satunya untuk menghibur diri seperti menonton film maupun kartun. Hal ini dapat dijadikan sebagai kesempatan menjadi hiburan yang bersifat edukatif. Materi kimia unsur yang pada dasarnya memuat banyak teori konsep menjadikan siswa menghafal sehingga merasa jenuh untuk mempelajari dan memahami materi kimia unsur. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan produk media interaktif berbantuan dengan film dan animasi kartun pada materi kimia unsur, (2) Mengembangkan media interaktif berbantuan dengan film dan animasi kartun pada materi kimia unsur, (3) Mengetahui kelayakan mengembangkan media interaktif berbantuan dengan film dan animasi kartun pada materi kimia unsur, dan (4) Mengetahui hasil respon siswa terhadap media interaktif berbantuan dengan film dan animasi kartun pada materi kimia unsur. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (RnD) dengan model 4-D yang termodifikasi menjadi 3-D. Penelitian dilaksanakan di MAN 2 Tulungagung dengan subjek penelitian siswa kelas XII MIPA berjumlah 30 siswa. Instrumen pengumpulan data berupa pedoman wawancara, angket kebutuhan siswa, angket validasi produk dan angket respon siswa. Data awal diperoleh dari hasil wawancara guru kimia dan angket analisis kebutuhan siswa. Data validasi diperoleh dari hasil angket validasi yang dilakukan oleh 2 validator yaitu 1 dosen kimia dan 1 guru kimia, sedangkan untuk data respon terhadap media dari angket respon siswa. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Media interaktif berbantuan film dan kartun pada materi kimia unsur berhasil dikembangkan. (2) Kelayakan media interaktif yang dikembangkan berdasarkan hasil validasi oleh ahli media dan materi, menunjukkan bahwa media interaktif yang dikembangkan sangat valid dengan rata-rata persentase sebesar 99,61% oleh dosen kimia, hasil validasi oleh guru kimia menunjukkan bahwa media interaktif yang dikembangkan sangat valid dengan rata-rata persentase sebesar 97,30%. (3) Respon siswa terhadap media interaktif yang dikembangkan menunjukkan persentase sebesar 80,89% dengan kategori baik sekali. Setelah dilakukan perbandingan dan analisis maka dapat disimpulkan bahwa produk media interaktif berbantuan film dan kartun pada materi kimia unsur dinyatakan sangat valid sehingga layak untuk diterapkan pada proses pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 12212193088 Zahwa Husna
Date Deposited: 06 Sep 2023 02:08
Last Modified: 06 Sep 2023 02:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39615

Actions (login required)

View Item View Item