KREATIVITAS GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MI MANBA’UL ‘ULUM BUNTARAN REJOTANGAN TULUNGAGUNG

YUNITA NISRINA HUWAIDAH, 12205193008 (2023) KREATIVITAS GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MI MANBA’UL ‘ULUM BUNTARAN REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (991kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (338kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (260kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kreativitas Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik di MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Yunita Nisrina Huwaidah, NIM 12205193008, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Ibu Uswatun Hasanah, S.Pd.I., M.Pd. Kata kunci : Kreativitas Guru, Kesulitan Belajar, Pembelajaran Tematik Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kreativitas guru dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik pada pelaksanaan pembelajaran khususnya pembelajaran tematik. Pembelajaran tematik merupakan pembelajaran yang menggunakan pendekatan saintifik yang memiliki beberapa langkah, sehingga memunculkan beberapa kesulitan belajar peserta didik. Kesulitan belajar yang dialami oleh peserta didik yang sering terjadi adalah kesulitan belajar yang berhubungan dengan perkembangan anak dan kesulitan belajar akademik. Maka dari itu diperlukan kreativitas guru untuk mengatasi kesulitan tersebut dan kreativitas dalam pengelolaan kelas. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana kreativitas guru dalam mengatasi kesulitan belajar yang berhubungan dengan perkembangan peserta didik (developmental learning disabilities) pada pembelajaran tematik di MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung ? (2) Bagaimana kreativitas guru dalam mengatasi kesulitan belajar akademik (academic learning disabilities) pada pembelajaran tematik di MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung ? (3) Bagaimana kreativitas guru dalam mengelola kelas agar peserta didik tidak mengalami kesulitan belajar pada pembelajaran tematik di MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian dilakukan di MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung. Sumber data yang diperoleh ada dua jenis yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian : (1) Kreativitas guru dalam mengatasi kesulitan belajar yang berhubungan dengan perkembangan peserta didik pada pembelajaran tematik yaitu mengenali gangguan belajar peserta didik melalui observasi dan tes kemampuan, mengelompokkan masalah peserta didik berdasarkan jenis kesulitan belajar, menentukan faktor penyebab kesulitan belajar, menyusun rencana yang akan dilakukan, melakukan beberapa treatment yang telah direncanakan, melakukan evaluasi, dan kerjasama dengan orang tua. (2) Kreativitas guru dalamxix mengatasi kesulitan belajar akademik pada pembelajaran tematik yaitu mengenali gejala atau bentuk kesulitan peserta didik mengenai (membaca, menulis, dan menghitung), menentukan faktor penyebab kesulitan belajar peserta didik, melakukan pendekatan secara personal, menggunakan metode dan media pembelajaran yang tepat, dan memberi motivasi belajar. (3) Kreativitas guru dalam mengelola kelas meliputi a) pengelolaan kelas secara fisik seperti pengaturan ruang kelas dan penataan perabotan kelas, serta mengatur tempat duduk peserta didik, b) pengelolaan kelas secara non-fisik seperti menciptakan iklim kelas yang kondusif, menjalin hubungan yang baik antara guru dengan peserta didik, dan menerapkan sistem hukum.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S1 12205193008 YUNITA NISRINA HUWAIDAH
Date Deposited: 01 Sep 2023 09:42
Last Modified: 01 Sep 2023 09:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39630

Actions (login required)

View Item View Item