MUHAMMAD ANWAR RIFA'I, 12201193376 (2023) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT MEMBACA KITAB KUNING SANTRI PONDOK PESANTREN NASYRUL ULUM MODANGAN NGLEGOK BLITAR. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (787kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (570kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (316kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (441kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (505kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (436kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (934kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (319kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (365kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (301kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Peran Guru Dalam Meningkatkan Minat Membaca Kitab Kuning Santri Pondok Pesantren Nasyrul Ulum Modangan Nglegok Blitar” ini ditulis oleh Muhammad Anwar Rifa’i, NIM 12201193376, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Pembimbing Dr. Nita Agustina Nurlaila Eka Erfiana, M.Pd.I. Kata Kunci : Peran Guru, Minat Membaca, Kitab Kuning Konteks penelitian ini adalah pentingnya peran guru dalam meningkatkan minat membaca santri dalam proses pembelajaran kitab kuning. Dalam hal ini peneliti menghubungkan peran guru dalam meningkatkan minat membaca kitab kuning tersebut dengan fenomena yang terjadi di masyarakat umum tentang santri yang dituntut untuk mampu membaca dan memahami kitab kuning sebagai salah satu rujukan untuk menjawab permasalahan yang timbul ditengah masyarakat. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana peran guru sebagai pendidik dalam meningkatkan minat membaca Kitab Kuning Santri Pondok Pesantren Nasyrul Ulum Modangan Nglegok Blitar? (2) Bagaimana peran guru sebagai pembimbing dalam meningkatkan minat membaca Kitab Kuning Santri Pondok Pesantren Nasyrul Ulum Modangan Nglegok Blitar? (3) Bagaimana peran guru sebagai pengajar dalam meningkatkan minat membaca Kitab Kuning Santri Pondok Pesantren Nasyrul Ulum Modangan Nglegok Blitar?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran guru sebagai pendidik, pembimbing, dan pengajar dalam meningkatkan minat membaca kitab kuning. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. analisis data untuk penelitian ini menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun pengecekan keabsahan data penelitian, peneliti menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) peran guru sebagai pendidik berupa pendidikan moral dan tingkah laku santri, guru memberlakukan tata tertib untuk menumbuhkan sikap disiplin santri, dan guru menjadi sosok figur teladan bagi santri. (2) peran guru sebagai pembimbing dengan memberikan pembelajaran sesuai dengan kelebihan dan kekurangan santri, guru melakukan pendekatan secara emosional dengan santri dalam pembelajaran, guru memberikan bimbingan secara individu kepada santri yang ingin memperdalam pembelajaran kitab kuning. (3) peran guru sebagai pengajar berupa memberikan ilmu pengetahuan dan wawasan tentang ilmu Nahwu, Shorof, dan I’lal, guru juga memanfaatkan teknologi kitab digital, guru memberikan contoh membaca kitab kuning dengan benar, melatih santri untuk berdiskusi dengan temannya dengan tujuan untuk melatih keterampilan berpikir kritis dan kreatif. Hasil ini menunjukkan peran guru sebagai pendidik, pembimbing, dan pengajar di Pondok Pesantren Nayrul Ulum Modangan Nglegok Blitar telah terlaksana. Dengan demikian minat membaca kitab kuning dapat meningkat dan santri dapat membaca dan memahami kitab kuning sesuai dengan kaidah yang berlaku.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam Pengembangan Masyarakat Islam Pendidikan Islam > Pondok pesantren Ulama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201193376 Muhammad Anwar Rifa'i |
Date Deposited: | 01 Sep 2023 10:41 |
Last Modified: | 01 Sep 2023 10:41 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39636 |
Actions (login required)
View Item |