M.TRIADI APRILIAWAN, 12204193054 (2023) KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASALAH PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS BERDASARKAN GENDER DI SMPN 1 NGUNUT, TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (526kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (198kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (444kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (531kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (450kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (454kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (198kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (316kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Kemampuan Menyelesaikan Masalah Pada Materi Teorema Pythagoras Berdasarkan Gender di SMPN 1 Ngunut, Tulungagung” ini ditulis oleh M. Triadi Apriliawan, NIM. 12204193054. Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Sutopo, S.Pd., M.Pd. I., NIDN. 2019057801. Kata Kunci: Kemampuan Menyelesaikan Masalah, Tahapan Polya, Gender Kemampuan menyelesaikan masalah matematika merupakan kemampuan dalam berfikir secara terarah yang dimiliki siswa dalam menemukan jawaban soal sehingga dapat menyelesaikan masalah matematika yang sedang dihadapi. Maka analisis kemampuan menyelesaikan masalah matematika perlu dilakukan untuk mencari tahu sejauh mana kemampuan menyelesaikan masalah matematika yang dimiliki siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menyelesaikan masalah matematika siswa pada materi teorema pythagoras ditinjau dari gender. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis studi kasus yang dilakukan di kelas VIII-A SMP 1 Ngunut, Tulungagung. Subjek penelitian ini adalah 6 siswa dengan rincian 2 siswa berkemampuan matematika tinggi, 2 siswa berkemampuan matematika sedang, dan 2 siswa berkemampuan matematika rendah. Data diperoleh dari hasil tes tulis dan hasil wawancara. Teknik analisa data pada penelitian ini yaitu melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kemampuan menyelesaikan masalah matematika tinggi mampu memenuhi seluruh indikator dalam menyelesaikan masalah, yaitu memahami masalah, menyusun rencana dalam menyelesaikan masalah, melaksanakan rencana dalam menyelesaikan masalah, dan memeriksa kembali jawaban, 2) Kemampuan menyelesaikan masalah matematika sedang mampu memenuhi tiga indikator dalam menyelesaikan masalah, yaitu memahami masalah, menyusun rencana dalam menyelesaikan masalah, melaksanakan dalam menyelesaikan masalah, 3) Kemampuan menyelesaikan masalah matematika rendah mampu memenuhi satu indikator dalam menyelesaikan masalah, yaitu memahami masalah.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika > Masalah Matermatika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | S.Pd 12204193054 M.Triadi Apriliawan |
Date Deposited: | 03 Sep 2023 13:40 |
Last Modified: | 03 Sep 2023 13:40 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39653 |
Actions (login required)
View Item |