KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASALAH PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS BERDASARKAN GENDER DI SMPN 1 NGUNUT, TULUNGAGUNG

M.TRIADI APRILIAWAN, 12204193054 (2023) KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASALAH PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS BERDASARKAN GENDER DI SMPN 1 NGUNUT, TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (526kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (198kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (444kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (531kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (316kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Kemampuan Menyelesaikan Masalah Pada Materi Teorema Pythagoras Berdasarkan Gender di SMPN 1 Ngunut, Tulungagung” ini ditulis oleh M. Triadi Apriliawan, NIM. 12204193054. Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Sutopo, S.Pd., M.Pd. I., NIDN. 2019057801. Kata Kunci: Kemampuan Menyelesaikan Masalah, Tahapan Polya, Gender Kemampuan menyelesaikan masalah matematika merupakan kemampuan dalam berfikir secara terarah yang dimiliki siswa dalam menemukan jawaban soal sehingga dapat menyelesaikan masalah matematika yang sedang dihadapi. Maka analisis kemampuan menyelesaikan masalah matematika perlu dilakukan untuk mencari tahu sejauh mana kemampuan menyelesaikan masalah matematika yang dimiliki siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menyelesaikan masalah matematika siswa pada materi teorema pythagoras ditinjau dari gender. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis studi kasus yang dilakukan di kelas VIII-A SMP 1 Ngunut, Tulungagung. Subjek penelitian ini adalah 6 siswa dengan rincian 2 siswa berkemampuan matematika tinggi, 2 siswa berkemampuan matematika sedang, dan 2 siswa berkemampuan matematika rendah. Data diperoleh dari hasil tes tulis dan hasil wawancara. Teknik analisa data pada penelitian ini yaitu melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kemampuan menyelesaikan masalah matematika tinggi mampu memenuhi seluruh indikator dalam menyelesaikan masalah, yaitu memahami masalah, menyusun rencana dalam menyelesaikan masalah, melaksanakan rencana dalam menyelesaikan masalah, dan memeriksa kembali jawaban, 2) Kemampuan menyelesaikan masalah matematika sedang mampu memenuhi tiga indikator dalam menyelesaikan masalah, yaitu memahami masalah, menyusun rencana dalam menyelesaikan masalah, melaksanakan dalam menyelesaikan masalah, 3) Kemampuan menyelesaikan masalah matematika rendah mampu memenuhi satu indikator dalam menyelesaikan masalah, yaitu memahami masalah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Masalah Matermatika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: S.Pd 12204193054 M.Triadi Apriliawan
Date Deposited: 03 Sep 2023 13:40
Last Modified: 03 Sep 2023 13:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39653

Actions (login required)

View Item View Item