STRATEGI UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS KONSUMEN DAN VOLUME PENJUALAN (Studi Kasus pada UMKM Bakpia Eka dan Bakpia Mifta Desa Kedungsoko)

DIAS MAHESTY, 12402193073 (2023) STRATEGI UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS KONSUMEN DAN VOLUME PENJUALAN (Studi Kasus pada UMKM Bakpia Eka dan Bakpia Mifta Desa Kedungsoko). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (576kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (702kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (561kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (593kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (545kB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Strategi untuk Meningkatkan Loyalitas Konsumen dan Volume Penjualan (Studi Kasus pada UMKM Bakpia Eka dan UMKM Bakpia Mifta Desa Kedungsoko)” ini ditulis oleh Dias Mahesty, NIM. 12402193073 dengan dosen pembimbing Dr. Binti Nur Asiyah, M. Si. Penelitian ini dilatar belakangi bahwa konsumen memiliki kebutuhan dan keinginan yang berubah-ubah serta respon atas perubahan tersebut, untuk itu perusahaan perlu memhami atas perubahan perilaku konsumen supaya konsumen loyal terhadap perusahaan. Loyalitas konsumen bersifat jangka panjang dan berperan dalam menjaga citra perusahaan, semakin lama konsumen loyal maka semakin besar omset yang diperoleh perusahaan. Volume penjualan menjadi tolak ukur keberhasilan perusahaan dalam menguasai pangsa pasar, sehingga semakin tinggi jumlah penjualan pada suatu perusahaan maka kemungkinan keuntungan yang diperoleh juga semakin besar. Untuk itu, perusahaan perlu menetapkan strategi untuk meningkatkan loyalitas konsumen dan volume penjualan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu: 1) Bagaimana strategi untuk meningkatkan loyalitas konsumen pada UMKM Bakpia Eka dan UMKM Bakpia Mifta? 2) Bagaimana strategi untuk meningkatkan volume penjualan pada UMKM Bakpia Eka dan UMKM Bakpia Mifta? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data diperoleh dari data primer dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan credibility, transferability, dependability, dan confirmability. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi umtuk meningkatkan loyalitas konsumen pada UMKM Bakpia Eka dan UMKM Bakpia Mifta adalah melayani konsumen dengan ramah, memberikan kemudahan pada konsumen, pemasaran melalui media online dan offline, menjaga kualitas produk, memiliki izin usaha legal, menghargai keputusan konsumen, menjalin komunikasi baik dengan konsumen, dan memberikan bonus. UMKM Bakpia Eka juga menawarkan produk ke target pasar, memberikan sampel, dan potongan harga. UMKM Bakpia Mifta juga meminta pendapat ke orang terdekat, mengamati komentar konsumen, dan layanan pengantaran. 2) Strategi untuk meningkatkan volume penjualan pada UMKM Bakpia Eka dan UMKM Bakpia Mifta adalah promosi melalui media online dan offline, distribusi produk langsung dan tidak langsung, identifikasi calon pembeli potensial, dan display produk dengan menarik. UMKM Bakpia Eka juga mengikuti event bazar dan memberi potongan harga. UMKM Bakpia Mifta juga mengamati komentar konsumen, melakukan foto produk, dan menjadi tempat kunjungan siswa PAUD hingga SD. Sehingga strategi yang dijalankan berdampak untuk meningkatkan loyalitas konsumen dan volume penjualan, serta implikasi praktis hasil penelitian adalah mendorong UMKM Bakpia Eka dan UMKM Bakpia Mifta, pada khususnya, dan UMKM makananan ringan, pada umumnya, untuk meningkatkan loyalitas konsumen dan volume penjualan. Kata kunci: UMKM, loyalitas konsumen, volume penjualan

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Konsumen
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 1313030080 OK PRINT
Date Deposited: 04 Sep 2023 03:54
Last Modified: 04 Sep 2023 03:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39659

Actions (login required)

View Item View Item