ANALISIS PENGGUNAAN GAYA BAHASA PADA LIRIK LAGU GRUP MUSIK JUICY LUICY DAN RELEVANSINYA SEBAGAI BAHAN AJAR PEMBELAJARAN MENULIS PUISI SMA KELAS X

AJENG TATANINGTYAS, 12210193126 (2023) ANALISIS PENGGUNAAN GAYA BAHASA PADA LIRIK LAGU GRUP MUSIK JUICY LUICY DAN RELEVANSINYA SEBAGAI BAHAN AJAR PEMBELAJARAN MENULIS PUISI SMA KELAS X. [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (549kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (364kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (344kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (426kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Penggunaan Gaya Bahasa pada Lirik Lagu Grup Musik Juicy Luicy dan Relevansinya sebagai Bahan Ajar Pembelajaran Menulis Puisi SMA Kelas X” ditulis oleh Ajeng Tataningtyas, NIM 12210193126, pembimbing Lilis Anifiah Zulfa, M.Pd. Kata kunci: gaya bahasa, lirik lagu, puisi Gaya bahasa adalah bahasa indah yang digunakan untuk meningkatkan nilai estetik sebuah sastra dengan jalan memperkenalkan serta membandingkan suatu benda atau hal tertentu dengan benda atau hal lain yang lebih umum. Dalam sebuah puisi, gaya bahasa merupakan salah satu unsur yang harus ada di dalamnya. Penggunaan gaya bahasa dalam sebuah puisi akan memberikan nilai estetik atau keindahan. Selain pada puisi, lirik lagu juga menggunakan gaya bahasa di dalamnya, terlebih puisi dan lirik lagu memiliki kesamaan, yakni adanya unsur-unsur fisik di dalamnya dan gaya bahasa merupakan salah satunya kesamaannya. Penelitian ini menganalisis gaya bahasa pada lirik lagu grup musik Juicy Luicy karena lirik pada musiknya disebut penggemar dapat mewakili perasaan atau sering disebut relate. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: (1) mendeskripsikan penggunaan gaya bahasa pada lirik lagu grup musik Juicy Luicy dan (2) mendeskripsikan relevansi lirik lagu grup musik Juicy Luicy sebagai bahan ajar pembelajaran menulis puisi SMA kelas X. Subjek pada penelitian ini adalah gaya bahasa yang terdapat pada lirik lagu grup musik Juicy Luicy. Penelitian kali ini menggunakan metode deskriptif analisis melalui pendekatan kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah kumpulan lirik lagu grup musik Juicy Luicy. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik simak catat dan analisis data dilakukan dengan mengkaji lirik lagu untuk dicatat setiap datanya dengan terperinci. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan metode triangulasi teori. Hasil penelitian menunjukkan terdapat beragam penggunaan gaya bahasa yang meliputi gaya bahasa perbandingan, pertentangan, pertautan, dan perulangan. Dari ragam jenis gaya bahasa yang ditemukan, gaya bahasa asonansi paling banyak digunakan dalam lirik lagu, kemudian erotesis, dan hiperbola. Adapun gaya bahasa lain yang ditemukan meliputi personifikasi, epizeukis, pleonasme, anafora, litotes, oksimoron, paradoks, depersonifikasi, epitet, klimaks, dan sinisme. Relevansi lirik lagu sebagai bahan ajar menulis puisi SMA kelas X dapat diterapkan pada KD 3.17 dan 4.17. Lirik lagu cocok dijadikan sebagai bahan ajar dengan menggunakan media audio. Lirik lagu dapat dimanfaatkan sebagai bahan ajar menulis puisi dikarenakan lirik lagu memiliki kesamaan dengan puisi yakni terdapat unsur-unsur fisik yang serupa dengan puisi, utamanya adalah gaya bahasa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Bahasa Dan Sastra > Musik
Bahasa Dan Sastra > Puisi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 12210193126 Ajeng Tataningtyas
Date Deposited: 04 Sep 2023 04:31
Last Modified: 04 Sep 2023 04:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39666

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item