LUTFI AULIA MASRURO, 12208193007 (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MTsN 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (263kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (353kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (605kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (739kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (293kB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (424kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Problem Based Learning Materi Sistem Pernapasan Manusia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTsN 2 Tulungagung” ini ditulis oleh Lutfi Aulia Masruro, NIM. 12208193007, pembimbing Husni Cahyadi Kurniawan, M.Si. Kata Kunci: Lembar kerja siswa, problem based learning, sistem pernapasan manusia, hasil belajar Penelitian dan pengembangan dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh kurangnya sumber belajar mata pelajaran IPA. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan dan observasi, penggunaan LKS dan buku paket dalam proses pembelajaran masih bersifat umum sehingga hasil belajar siswa menjadi kurang maksimal. Siswa membutuhkan bahan ajar pendukung yang dapat menstimulasi siswa untuk aktif selama proses pembelajaran. Adapun penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan proses pengembangan lembar kerja siswa berbasis problem based learning materi sistem pernapasan manusia untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII MTsN 2 Tulungagung, (2) mendeskripsikan kevalidan lembar kerja siswa berbasis problem based learning materi sistem pernapasan manusia untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII MTsN 2 Tulungagung, (3) mendeskripsikan kepraktisan lembar kerja siswa berbasis problem based learning materi sistem pernapasan manusia untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII MTsN 2 Tulungagung, (4) mendeskripsikan keefektivan lembar kerja siswa berbasis problem based learning materi sistem pernapasan manusia untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII MTsN 2 Tulungagung. Metode dalam penelitian ini yaitu Research & Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE menurut Branch. Populasi dalam penelitian ini merupakan siswa kelas VIII MTsN 2 Tulungagung, sedangkan sampel penelitian yaitu siswa kelas VIII G dan siswa kelas VIII H. Desain pada penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimen dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, angket analisis kebutuhan, angket validasi, dan tes. Adapun penyusunan komponen LKS mengacu pada Depdiknas (2008) dan Prastowo (2012) yang terdiri atas judul, kata pengantar, daftar isi, kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator pencapaian, tujuan, petunjuk belajar, materi pokok, langkah kerja, dan kegiatan belajar. Pada bagian materi dilengkapi dengan informasi pendukung untuk menambah pengetahuan siswa, dan pada bagian kegiatan belajar mengacu pada sintaks model problem based learning untuk melatih kemampuan pemecahan masalah dan keaktifan siswa selama kegiatan belajar.Hasil penelitian dan pengembangan ini yaitu (1) proses pengembangan lembar kerja siswa berbasis problem based learing menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas lima tahap yaitu analyze, design, development, implementation, dan evaluation. (2) hasil kevalidan lembar kerja siswa oleh ahli materi memperoleh nilai 98,09% dengan kriteria “sangat valid”, ahli media memperoleh nilai 83% dengan kriteria “sangat valid”, dan dari guru memperoleh nilai 93,04% dengan kriteria “sangat valid”. (3) Hasil kepraktisan lembar kerja siswa berdasarkan tanggapan dari 10 siswa kelas IX MTsN 2 Tulungagung memperoleh nilai 85,86% dengan kriteria “sangat praktis”. (4) Hasil keefektivan lembar kerja siswa menggunakan uji T-Independent t-test untuk melihat pengaruh dan uji N-gain untuk melihat besar pengaruh. Uji T-Independent t-test memperoleh sig. (2-tailed) 0,007 < 0,05 dan uji N-gain kelas kontrol memperoleh 40,26% sedangkan kelas eksperimen memperoleh 59,32%, dapat dilihat nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi. Artinya lembar kerja siswa berbasis problem based learing cukup efektif meningkatkan hasil belajar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | MAHASISWA 12208193007 LUTFI AULIA MASRURO |
Date Deposited: | 04 Sep 2023 07:28 |
Last Modified: | 04 Sep 2023 07:28 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39701 |
Actions (login required)
View Item |